Loading...
BUDAYA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 12:21 WIB | Kamis, 27 Maret 2014

Siswa Korut Wajib Tiru Gaya Rambut Kim Jong-Un

Model gaya rambut Kim Jong Un ini wajib ditiru oleh para siswa laki-laki universitas di Korea Utara (Foto: voiceofrussia.com)

PYONGYANG, SATUHARAPAN.COM – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, mewajibkan semua siswa laki-laki universitas di Korea Utara memiliki potongan rambut yang sama dengan dirinya. Model potongan rambut Kim Jong-Un memang khas, potongan tipis di bagian samping dan tebal pada bagian atasnya. Sebuah gaya rambut yang populer pada dekade 90-an.

Menurut laporan harian Korean Times yang dikutip Voice of Russia Kamis (27/3), kewajiban potongan rambut ala Kim Jong-Un pertama kali diperkenalkan di Pyongyang beberapa pekan yang lalu. Kini, gaya rambut tersebut telah disebarkan ke seluruh penjuru negeri untuk dapat ditiru.

Namun, tidak semua orang terlihat senang dengan gagasan tersebut, karena merasa tidak akan cocok memiliki gaya rambut tersebut.

“Jika anda mengerti, potongan rambut pemimpin kami sangat khusus. Tidak semua orang akan cocok dengan model tersebut, karena setiap orang memiliki bentuk wajah dan kepala yang berbeda,” ucap salah seorang narasumber pada Radio Free Asia.

Seorang warga Korea Utara yang tinggal di Tiongkok mengatakan, “Model rambut Kim Jong-Un tidak terlalu populer di Korea Utara, karena seperti penyelundup Tiongkok. Hingga pertengahan tahun 2000, kami menyebutnya dengan “Chinese Smuggler Haircut”, yang artinya gaya potongan rambut penyelundup Tiongkok.”

Pada 2013, peraturan gaya rambut yang diperbolehkan di Korea Utara membuat masyarakat memiliki opsi untuk memilih. Karena, terdapat sepuluh gaya rambut untuk pria dan 18 model rambut untuk wanita.

Ayah Kim Jong-Un, Kim Jong Il, memilih gaya rambut rambut bob. Dengan harapan agar terlihat lebih tinggi. (voiceofrussia.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home