Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:21 WIB | Senin, 17 Agustus 2015

Siswi SMAK Penabur Bersyukur Bawa Baki Bendera Pusaka

siswi SMA Kristen Penabur Gading Serpong, Maria Felicia Gunawan (Banten) ditunjuk sebagai pembawa baki bendera pusaka. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Tim Sadewa dipilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (17/8). Dari tim itu, siswi SMA Kristen Penabur Gading Serpong, Tangerang Banten, Maria Felicia Gunawan ditunjuk sebagai pembawa baki bendera pusaka.

Sosok yang akrab Cia itu mengaku bersyukur karena mendapatkan amanah membawa baki bendera pusaka dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi. Dia pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh teman-teman Paskibraka dan pelatih, sehingga acara pengibaran bendera pusaka berjalan dengan lancar.

“Jadi Paskibraka bersyukur, terus saya juga dipilih dan dipercaya jadi pembawa baki bendera pusaka, jelas saya bersyukur dapat kepercayaan dari pelatih dan teman-teman. Pelaksanaannya juga hari ini lancar, pengibaran ini sukses,” kata Cia saat ditemui satuharapan.com usai bertugas membawa baki bendera pusaka dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/8).

Dia mengatakan baru mendapat informasi dipilih sebagai pembawa baki bendera pusaka dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi pada Senin pagi, bersamaan dengan informasi penugasan pada petugas pengibar bendera pusaka.

Cia juga mengaku bangga bisa membanggakan nama sekolah tempatnya menuntut ilmu, SMA Kristen Penabur Gading Serpong Tangerang. "Saya bangga bisa bawa nama sekolah, Provinsi Banten, orangtua, dan keluarga. Bersyukur bisa menjadi kebanggaan,” ucap sosok yang mengaku gemar menulis itu.

Dia pun berpesan kepada teman-teman sekolahnya di SMA Kristen Penabur Gading Serpong agar tidak takut dalam mengambil setiap kesempatan yang ada di depan mata. Sebab, kesempatan tersebut tidak datang dua kali.

“Salah satu kesempatan yang ada di depan mata itu ya Paskibraka ini. Mungkin ini sudah lewat ya, tapi teman-teman jangan berhenti cari kesempatan lain, karena di luar sana masih banyak kegiatan positif lain yang bisa menambah pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan kita,” ucap Cia.

“Mumpung masih muda,” dia menambahkan.

Melaksanakan Tugas

Cia melaksanakan tugasnya sebagai pembawa baki bendera pusaka dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi dengan baik. Siswi SMA Kristen Penabur Gading Serpong itu menaiki tangga menuju panggung inspektur upacara menyampaikan duplikat bendera pusaka kepadanya.

Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara menyerahkan duplikat bendera pusaka ke atas baki yang dibawa Cia. Setelah itu, dia langsung menuruni tangga dan kembali ke dalam barisan.

Dia kemudian menyerahkan bendera tersebut untuk dikibarkan. Setelah bendera dikibarkan, ia melaporkan tugas tersebut telah dilaksanakan kepada inspektur upacara.

Hadirin sempat bertepuk tangan dengan meriah setelah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2015 kembali ke tempat dan sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Anggota Paskibraka 2015 berjumlah 68 orang. Mereka berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi mengirimkan dua wakilnya: satu putra dan satu putri. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok: satu kelompok bertugas dalam upacara penaikan bendera pada pagi hari dan kelompok lain pada penurunan bendera di sore hari. Upacara penurunan bendera akan dilaksanakan pada hari yang sama sekitar pukul 15.00 WIB.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home