Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 17:27 WIB | Senin, 12 Juni 2023

Situs Web Pemerintah Federal Swiss Diserang Hacker

Serangan dunia maya. (Foto: dok. Ist)

BERN, SATUHAWAPAN.COM-Administrasi federal Swiss berada di bawah serangan siber pada hari Senin (12/6), memblokir akses ke situs web beberapa otoritas dan perusahaan terkait negara, kata kementerian keuangan.

Apa yang disebut serangan penolakan layanan terdistribusi (DDoS), yang membuat situs web atau sumber daya jaringan tidak tersedia dan membanjiri mereka dengan lalu lintas berbahaya, dilakukan oleh kelompok "NoName," kelompok peretas yang sama yang melakukan serangan serupa di parlemen Swiss pekan lalu, kementerian kata dalam sebuah pernyataan.

“Beberapa situs web administrasi federal tidak tersedia pada hari Senin,” katanya, meskipun portal utama pemerintah Swiss www.admin.ch tetap dapat diakses.

Spesialis administrasi federal dengan cepat menyadari serangan DDoS, katanya, menambahkan bahwa mereka "mengambil tindakan untuk memulihkan aksesibilitas situs web dan aplikasi secepat mungkin."

“Kelompok 'NoName' telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan ini secara online. Kelompok ini juga berada di belakang penyerangan terhadap Parliament.ch yang diketahui pekan lalu,” katanya.

National Cyber ​​Security Center (NCSC) sedang menganalisis serangan tersebut bersama dengan unit administrasi yang terkena dampak dan bekerja untuk menentukan tindakan yang tepat, katanya, menekankan bahwa tidak ada data yang hilang dalam serangan DDoS.

Seperti di negara lain, serangan siber yang menargetkan perusahaan, pemerintah, dan bahkan universitas meningkat di Swiss.

Pengumuman hari Senin datang setelah pemerintah memperingatkan pekan lalu bahwa mereka khawatir data mungkin telah dicuri dalam serangan ransomware di Xplain, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan perangkat lunak untuk beberapa departemen.

Tentara Swiss dan departemen bea cukai termasuk di antara klien Xplain, yang memasok perangkat lunak kepada otoritas yang berspesialisasi dalam keamanan dalam negeri.

Pemerintah mengatakan tidak percaya bahwa sistem Xplain memiliki akses langsung ke sistem administrasi federal.

Xplain menuduh grup ransomware bernama Play, juga dituduh baru-baru ini menargetkan dua media besar Swiss, berada di balik serangan itu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home