Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 22:44 WIB | Minggu, 25 Juli 2021

SpaceX - NASA akan Jalankan Misi ke Bulan Jupiter

SpaceX Crew Dragon mendekati pelabuhan dok stasiun luar angkasa dengan modul laboratorium Kibo di latar depan. (Foto: NASA TV)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, memenangkan kontrak senilai $178 juta untuk misi pertama NASA yang berfokus pada bulan es Jupiter, Europa.

NASA, Jumat (23/7), mengatakan ingin melihat apakah lokasi di ruang angkasa tersebut cocok untuk kehidupan.

Misi Europa Clipper akan diluncurkan pada Oktober 2024 dengan roket Falcon Heavy milik perusahaan Musk, Space Exploration Technologies Corp, dari Kennedy Space Center NASA di Florida, kata NASA dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Kontrak tersebut menandai mosi percaya terbaru NASA di Hawthorne, perusahaan yang berbasis di California, yang telah membawa beberapa muatan kargo dan astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan April, SpaceX dianugerahi kontrak $2,9 miliar untuk membangun pesawat ruang angkasa pendarat bulan untuk program Artemis yang direncanakan yang akan membawa astronaut NASA kembali ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972.

Namun kontrak itu ditangguhkan setelah dua perusahaan antariksa saingannya, Blue Origin milik Jeff Bezos dan kontraktor pertahanan Dynetics Inc, memprotes pemilihan SpaceX.

Penjelajahan itu akan melakukan survei terperinci terhadap satelit Jovian yang tertutup es, yang sedikit lebih kecil dari bulan Bumi dan merupakan kandidat utama dalam pencarian kehidupan di tempat lain di tata surya.

Di antara tujuan misi Clipper adalah untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi dari permukaan Europa, menentukan komposisinya, mencari tanda-tanda aktivitas geologis, mengukur ketebalan cangkang esnya dan menentukan kedalaman dan salinitas lautannya, kata NASA. 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home