Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Jumat, 14 Oktober 2022

Spanyol Kirim Senjata Pertahanan Udara untuk Ukraina

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, berbicara selama konferensi media setelah pertemuan para menteri pertahanan NATO di markas besar NATO di Brussels, Kamis, 13 Oktober 2022 (Foto: AP/Olivier Matthys)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Kepala NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan pada hari Kamis (13/10) bahwa Spanyol mengirim empat sistem pertahanan udara jarak menengah ke Ukraina, ketika para pendukung Barat berjuang untuk membantu Kiev melawan serangan rudal Rusia.

Pendukung internasional Ukraina telah mengadakan pembicaraan di markas NATO di Brussels dengan fokus pada pertahanan udara setelah Moskow melancarkan serangan di seluruh Ukraina menyusul ledakan di sebuah jembatan ke semenanjung Krimea yang dicaplok.

Stoltenberg mengatakan peluncur Hawk yang lebih tua dari Madrid akan melengkapi sistem yang lebih modern yang dipasok oleh Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat.

“Kami telah melihat bahwa ketika kami memobilisasi, ketika kami meminta sekutu NATO untuk berbuat lebih banyak, mereka sebenarnya melakukan lebih banyak, dan itu membuat perbedaan besar,” kata Stoltenberg setelah para menteri pertahanan NATO bertemu.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, berterima kasih kepada Spanyol atas “tanggapan yang sangat, sangat cepat” terhadap permintaan terbaru Ukraina untuk lebih banyak pertahanan udara.

“Kami akan mendorong sekutu kami yang lain untuk menggali lebih dalam dan memberikan kemampuan tambahan juga,” katanya. Namun  belum ada pengumuman publik resmi dari otoritas Spanyol.

Sekutu Barat sedang berjuang untuk mencari cara bagaimana memasok sistem senjata yang lebih maju ke Ukraina karena para diplomat mengakui bahwa mereka hanya memiliki sedikit cadangan.

Sistem senjata pertahanan permukaan-ke-udara American Hawk awalnya mulai beroperasi selama Perang Dingin dan tidak lagi digunakan oleh militer AS setelah digantikan oleh unit Patriot yang lebih modern.

Spanyol telah memperbarui beberapa sistem Hawk dalam beberapa tahun terakhir untuk memperpanjang umur simpannya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home