Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki Pangaribuan 23:51 WIB | Sabtu, 16 April 2016

Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi

Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Kota Bekasi menjadi salah satu tempat singgahan Stage Bus Jazz Tour 2016 yang berlokasi di Summarecon Mal Bekasi, Kota Bekasi, pada hari Sabtu (16/4) sore hingga malam. (Foto-foto: Melki Pangaribuan)
Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Penampilan Barasuara membawakan lagu Mengunci Ingatan, Hagia, Nyala Suara, Tarintih, Taifun, Sendu Melagu, Menunggu Badai, Api dan Lentera, dan Bahas Bahasa.
Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Penampilan stand up comedy, comic Aziz Doa Ibu.
Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Antusias penonton masyarakat kota Bekasi pada malam hari.
Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Stage bus yang didatangkan langsung dari Belanda.
Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Rene van Helsdingen, pianis dan pimpinan MP3 sekaligus supir Stage Bus (kemeja biru) duduk bersama penonton SBJT 2016.
Stage Bus Jazz Tour 2016 Sapa Bekasi
Co-Produser SBJT 2016, Andre Hamara.

BEKASI, SATUHARAPAN.COM - Konsep musik jazz unik Stage Bus Jazz Tour (SBJT) persembahan MLDSPOT sukses berjalan di 32 titik kota Jawa dan Bali sepanjang tahun 2015, dan tahun ini kembali hadir.

Kota Bekasi menjadi salah satu tempat singgahan Stage Bus Jazz Tour 2016 ini. Berlokasi di Summarecon Mal Bekasi, Kota Bekasi, pada hari Sabtu (16/4) sore hingga malam, sejumlah penampilan dari musisi lokal dan nasional turut memeriahkan SBJT 2016 seperti Endah N Rhesa, Barasuara dan MLD Jazz Project.

Di sela-sela waktunya, Co-Produser SBJT 2016, Andre Hamara (38) menyampaikan harapannya dengan diadakan SBJT 2016 ini semakin banyak lahir musisi jazz asal Indonesia.

“Harapannya untuk musik jazz Indonesia supaya lebih banyak orang lagi. Orang Indonesia harus tahu kalau kita punya musik yang jazz yang bagus,” kata Andre Hamara kepada satuharapan.com, di Bekasi, hari Sabtu (16/4) malam.

“Dan mereka juga harus tahu kalau kita masih punya legend-legend (jazz) yang masih hidup. Legend-legend kita masih banyak,” dia menambahkan.

Andre menilai, pertemuan dan dialog antar musisi jazz lintas genre juga komunitas jazz lokal dan nasional dapat berbagi wawasan untuk memperkaya talenta masing-masing lewat event SBJT 2016 ini.

“Selain itu, harapannya yang pasti penontonnya sih supaya mereka lebih tahu kalau kita  bisa kasih hiburan yang beda,” katanya.

Andre mengatakan, SBJT 2016 ini merupakan tahun kedua bagi MLDSPOT menggelar sebuah konsep musik Jazz, yang menurutnya mulai menjadi icon event jazz di tanah air.

Menurut dia, tidak hanya konsep panggung yang unik namun formasi artis yang berbeda tentunya memberikan pengalaman tersendiri dalam menikmati musik jazz.

Andre menyampaikan, bus yang digunakan bukan bus sembarangan, tapi bus spesial dengan spesifikasi tinggi yang didatangkan langsung dari Belanda. Menurutnya, dengan konsep unik ini, para pecinta Jazz akan merasa lebih dekat dengan para performer yang sedang beraksi di atas panggung.

"Konsep pertunjukan dengan panggung stage bus sendiri merupakan konsep yang menggabungkan sebuah kendaraan bus dengan panggung pertunjukan mobile yang lengkap dengan seluruh instrumen konser musik pada umumnya," katanya.

Di Bekasi Banyak Penonton

Sementara itu, Rene van Helsdingen (65), pianis dan pimpinan MP3 sekaligus supir stage bus mengatakan bahwa di Bekasi penontonnya cukup banyak dibandingkan penonton di kota-kota lain, tidak seperti pada tahun lalu.

“Di bekasi enak banyak penonton suka musik,” katanya.

Rene merupakan konseptor dan produser stage bus mengatakan, pada tahun ini dia hanya tampil empat kali di empat kota di Jawa, tidak seperti tahun lalu yang main hampir di setiap kota.

“Nanti main di Cirebon, hari Minggu depan. Di Magelang, sama Purwokerto, sama Malang. Empat kali,” katanya.

Rene mengatakan dirinya tidak memiliki harapan banyak terkait SBJT tahun ini, dia hanya berharap dapat untuk menghibur masyarakat Indonesia.

“Enggak ada harapan. Menghibur dan ini sedikit kerja juga,” dia menegaskan.

MLDSPOT SBJT 2016 menampilkan MLD Jazz Project, yang telah berhasil memeriahkan panggung MLDSPOT di Java Jazz Festival 2016 tanggal 5 Maret lalu dengan berkolaborasi secara memuaskan dengan musisi jazz ternama Indonesia.

Formasi musisi muda berbakat MLD Jazz Project terdiri dari Kiara Riz (vokal), Michael Setiawan (keyboard), Karell William (drum), Agil (bass), Mikail (gitar) dan Rizal (saxophone). Mereka adalah pemenang MLDare2Perform, sebuah ajang pencarian musisi dan vokalis muda jazz Indonesia.

Selain pertunjukan musik musisi-musisi Jazz ternama di Indonesia, MLDSPOT SBJT 2016 juga menghadirkan show stand up comedy dari comic-comic profesional Indonesia dan juga mengelar foodtruck festival yang tersaji menarik di setiap kotanya.

Mohamad Irfan (19) merasa cukup senang dengan adanya acara SBJT 2016 ini. Dia berharap acara serupa sering diadakan di kota Bekasi.

"Acaranya keren ya. Ini saya baru pertama kali lihat acara ini. Tahunya dari website band Barasuara, mereka akan tampil di sini," katanya

Sementara itu, penonton lainnya, Harlen Ezra (21 tahun) mengatakan sangat seru nonton acara SBJT 2016 ini. Dia berharap acara seperti SBJT ini tidak hanya di mal tetapi juga di tempat lain seperti di kampus.

“Seru ramai. Lebih baguslah dari panggungnya, jadi seru. Harapannya bukan di mal-mal tapi di kampus-kampus juga,” katanya.

Agenda MLDSPOT SBJT 2016:

Jakarta, Plaza Festival, 15 April 2016

Bekasi, Summarecon Mal Bekasi, 16 April 2016

Bandung, Braga Pendek, 22 April 2016

Bandung, PangDam Jatinangor, 23 April 2016

Cirebon, CSB MAll, 24 April 2016

Bandung, Ciwalk, 29 April 2016

Tasikmalaya, Asia Plaza, 30 April 2016

Jogja, Sahid J-Walk Mall, 1 Mei 2016

Magelang, Artos Mall, 7 Mei 2016

Purwokerto, Taman Kota Andhang Pangrenan, 8 Mei 2016

Solo, The Park, 13 Mei 2016

Semarang, Hall DPRD Jateng Jl Pahlawan, 14 Mei 2016

Madiun, Sun City Mall, 15 Mei 2016

Surabaya, Grand City Mall, 20 Mei 2016

Surabaya, Graha Fairground, 21 Mei 2016

Malang, Malang City Point, 22 Mei 2016

Denpasar, Monjali, 28 Mei 2016

Tangerang, Summarecon Mal Serpong, 4 Juni 2016

Gelaran MLDSPOT SBJT 2016 akan menampilkan musisi dan artis jazz papan atas Indonesia seperti Sandhy Sandoro, Sierra Soetedjo, Kunto Aji, Yura, White Shoes & The Couples Company, Barry Likumahuwa Experiment, Syaharani & Queenfireworks hingga Dikta Project, Teza Sumendra, Endah N Rhesa, dan Barasuara yang nantinya akan tampil di 18 lokasi Jawa dan Bali mulai dari 15 April sampai 4 Juni 2016.

"Nama-nama musisi yang pastinya sudah tidak asing lagi terutama bagi penggemar musik jazz di tanah air," kata Andre Hamara.

Stage Bus Jazz Tour 2015 Menuju Solo

Stage Bus Jazz Tour 2015 Menyapa Jogja-Solo

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home