Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 15:20 WIB | Jumat, 02 September 2016

Sukseskan Jakarta Modern, Transjakarta Datangkan Bus Baru

Ilustrasi. Armada bus Transjakarta yang sudah siap dioperasikan. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus ingin mensukseskan program pemerintah provinsi (Pemprov) untuk menjadikan DKI Jakarta lebih baik serta modern melalui pengadaan armada bus baru sebagai bentuk layanan transportasi publik yang bisa diandalkan di Ibu Kota.

Hal itu disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Budi Kaliwono, hari Jumat (2/9) siang, di Jakarta, saat ditanya mengenai pengadaan bus-bus baru di DKI.

“Kita kan selalu ingin membuat Jakarta baru yang lebih bagus agar bisa seperti kota-kota besar di dunia. Hari ini datang satu bus yang berukuran cukup besar, panjangnya sekitar 10 meter. Interiornya berbeda karena semua kursinya pakai busa yang lebih nyaman. Ini program Transjakarta untuk mensukseskan Jakarta yang lebih modern,” kata Budi.

Secara bertahap hingga bulan April 2017, Transjakarta menargetkan akan mendatangkan total 300 bus baru yang dapat beroperasi di semua koridor. “Paling lambat pada bulan November nanti 100 bus sudah siap.”

Budi menyatakan akan selalu rutin melakukan pengecekan terhadap kelayakan armada bus Transjakarta demi peningkatan keamanan perjalanan.

“Kalau itu otomatis, setiap hari kita selalu seleksi yang tidak layak agar tidak jalan. Kami jamin pasti aman,” ujarnya meyakinkan.

Pengadaan armada bus ini, lanjut dia, dimaksudkan untuk peningkatan mutu layanan Transjakarta kepada penumpang. Sehingga, secara otomatis juga mampu meningkatkan jumlah penumpang di setiap harinya.

“Tahun ini kita kejar 15 juta penumpang per bulan. Jadi memang ini semua ada targetnya. Bulan Agustus ini sudah mencapai 11,6 juta penumpang,” ucap Budi.

Budi mengatakan peningkatan jumlah penumpang bulan lalu itu tak lepas dari peranan sistem ganjil genap yang telah diatur oleh Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas). Selain itu, upaya sterilisasi jalur bus Transjakarta juga terus digalakkan mengingat cukup suksesnya program tersebut dalam peningkatan pengguna moda transportasi umum di Ibu Kota.

PT Transjakarta akan terus meningkatkan mutu pelayanan dari sisi waktu tempuh perjalanan.

“Waktu tempuh dari Pulo Gadung ke Sudirman itu 35 menit. Nanti kami buat dari Daan Mogot ke Harmoni menjadi 30 menit, begitu juga dengan Grogol ke Semanggi. Harus selalu ditingkatkan,” tuturnya.

Untuk bus berukuran kecil, Transjakarta berencana akan mencoba menjangkau para penumpang yang berada di beberapa perumahan di Jakarta.

“Kemungkinan yang bus kecil kami masukkan ke beberapa perumahan,” kata dia.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home