Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 16:44 WIB | Selasa, 13 September 2016

“Sully”, Film Kepahlawanan Pilot ke Puncak Box Office

“Sully”, Film Kepahlawanan Pilot ke Puncak Box Office
Aktor Tom Hanks dalam peran sebagai kapten pilot Chesley "Sully" Sullenberger dalam film "Sully". (Foto: notey.com)
“Sully”, Film Kepahlawanan Pilot ke Puncak Box Office
Upaya penyelamatan 155 penumpang dan kru pesawat US Airways yang mendarat di Sungai Hudson, New York. pada Kamis, 15 Januari 2009, karena mesin mati. Inset: Chesley "Sully" Sullenberger. (Foto: deadline.com)
“Sully”, Film Kepahlawanan Pilot ke Puncak Box Office
Tom Hanks bergambar bersama sutradara Clint Eastwood. (Foto: nypost.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Sully, kisah nyata mengenai bagaimana seorang pilot US Airways dengan No Penerbangan 1549 mendaratkan sebuah pesawat penumpang di Sungai Hudson New York, tayang perdana dengan merebut posisi puncak box office Amerika Utara akhir pekan ini, menurut data industri perfilman pada Senin (12/9).

Film itu, seperti diberitakan AFP, mengantongi 35 juta dolar AS (sekitar Rp 461,3 miliar) pada akhir pekan pembukanya, menurut pengamat box office Exhibitor Relations, jauh mengungguli pesaingnya.

Tom Hanks memerankan tokoh utama Kapten Chesley “Sully” Sullenberger, yang dinobatkan sebagai pahlawan nasional pada Januari 2009, setelah berhasil menyelamatkan nyawa 155 penumpang serta kru dan juga pesawatnya, A320, meski kedua mesinnya mati. Pesawat itu mengalami kerusakan mesin beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara LaGuardia di New York City dalam perjalanan ke Bandara Internasional Charlotte Douglas, di North Carolina.

Film garapan aktor dan sutradara Clint Eastwood itu, dibuat berdasarkan buku biografi  Highest Duty, oleh Sullenberger dan Jeffrey Zaslow.  Selain Tom Hanks, film itu dibintangi Aaron Eckhart, Laura Linney, Anna Gunn, Autum Reeser, Holt McCallany, Jamey Sheridan, dan Jerry Ferrara.

Di peringkat kedua film laris itu, seperti dilaporkan AFP, ada film thriller When the Bough Breaks, yang dibuka dengan penjualan tiket senilai 14,2 juta dolar AS (sekitar Rp 187,2 miliar).

Sementara itu posisi ketiga sampai 10 secara berturut-turut ditempati oleh Don’t Breathe, Suicide Squad, The Wild Life, Kubo and the Two Strings, Pete’s Dragon, Bad Moms, Hell or High Water, dan Sausage Party

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home