Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:45 WIB | Selasa, 10 Juni 2014

Sumbangan Kampanye Jokowi-JK Capai Rp 31 Miliar

Zuhairi Misrawi, koordinator Media Center Jokowi-JK di Jalan Cemara no. 19, Jakarta. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sumbangan kampanye gotong royong untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (capres dan cawapres Jokowi-JK) telah mencapai puluhan miliar.

“Total yang masuk untuk sumbangan gotong royong sebesar Rp. 31.843.917.691,” kata Zuhairi Misrawi, koordinator Media Center Jokowi-JK  dalam konferensi pers di Jalan Cemara, Jakarta, Selasa (10/6).

“Sumbangan ini terdiri dari dua kategori yaitu perseorangan dan perusahaan. Jumlah penyumbang perseorangan sebanyak 28.118 orang dan jumlah perusahaan sebanyak lima perusahaan. Setiap penyumbang perseorangan yang datang ke bank harus mencantumkan nama, alamat, nomor telepon dan identitas sesuai dengan aturan perundang-undangan. Berbeda dengan yang transfer langsung melalui ATM yang dengan mudah langsung dikenali identitasnya.”

Zuhairi juga menegaskan bahwa jumlah sumbangan baik perseorangan maupun perusahaan harus sesuai dengan Undang –undang nomor 42 tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pasal 96 bahwa sumbangan dari perseorangan tidak boleh melebihi Rp. 1 miliar dan sumbangan dari perusahaan tidak boleh melebihi Rp 5 miliar.

Tiga Rekening Sumbangan Gotong Royong

Dalam melakukan kampanye, Jokowi-JK membuka tiga rekening bank dan mempersilahkan masyarakat untuk menyumbang secara sukarela. Tiga rekening tersebut adalah BRI dengan nomor rekening 122301000172309 atas nama Joko Widodo/Jusuf Kalla, Mandiri dengan nomor 070-00-0909096-5 atas nama Joko Widodo/Jusuf Kalla dan BCA dengan nomor 5015.500015 atas nama Joko Widodo/Jusuf Kalla.

Zuhairi dengan tegas menyatakan bahwa selain nomor rekening di atas adalah tidak sah. “Hal ini perlu diketahui masyarakat agar mereka tidak tertipu,” tambahnya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home