Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:30 WIB | Jumat, 07 Maret 2014

Surat Rabu Abu untuk Paus Fransiskus Sebelum Berkunjung ke Tanah Suci

Seorang anak berusaha membuka Zucchetto (penutup kepala) Paus Fransiskus. (Foto: AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Untuk mengantisipasi kunjungan Paus Fransiskus ke Tanah Suci (24-26/5), lebih dari 200 uskup, ulama, anggota ordo keagamaan dan teolog dari beberapa tradisi iman mengirim surat terbuka kepadanya. Surat ini disampaikan pada Rabu Abu (5/3). Mereka meminta Paus untuk berbicara menentang program tentara Israel menculik, menahan, dan menyiksa secara sistematis anak-anak Palestina dan menyerukan diakhirinya pendudukan dan kolonisasi Palestina.

Namun, ada berita terbaru bahwa Paus membatalkan kunjungannya ke Betlehem dan Yerusalem Timur pada akhir Mei tersebut karena perselisihan kepegawaian Kementerian Luar Negeri Israel.

Surat tersebut mengutip laporan UNICEF baru-baru ini yang mendokumentasikan penangkapan pada malam hari, penyekapan, dan pembelengguan terhadap anak-anak berumur antara 12 dan 18 tahun. Berdasarkan lebih dari 400 kesaksian tersumpah, UNICEF menyimpulkan bahwa “perlakuan buruk terhadap anak-anak yang berkontak dengan militer Israel tampaknya meluas, sistematis, dan dilembagakan.”

“Bersama surat ini, kami menyampaikan juga profil penganiayaan sistematis yang terdokumentasi dengan baik terhadap anak-anak Palestina,” kata Pdt Don Wagner. “Pemerintah Israel sengaja mengejar anak-anak, yang jelas rentan, untuk meningkatkan ketakutan dan trauma mereka.”

Wagner adalah Direktur Program Nasional Friends of Sabeel-North America (FOSNA.org), yang memprakarsai surat itu. Fosna mendukung pekerjaan Sabeel—suatu organisasi keadilan dan perdamaian berpusat di Yerusalem yang didirikan oleh orang-orang Kristen Palestina.

Surat tersebut mencatat bahwa kekhawatiran yang sama tentang penganiayaan anak-anak Palestina yang telah diajukan oleh Save the Children, United Nations Commission Against Torture, Military Court Watch, Defense of Children International, dan B'Tselem, sebuah organisasi hak asasi manusia Israel.

“Respons antusias atas permintaan kami untuk penandatangan surat itu menunjukkan urgensi dari masalah ini,” kata Wagner. “Sekarang,  surat tersebut telah disampaikan, kami ingin mengajak orang di seluruh dunia untuk bergabung menyerukan ini kepada Paus Fransiskus dan mengangkat masalah ini dengan media mereka, organisasi hak asasi manusia, dan pemerintah sampai target ini anak-anak dan pendudukan yang berakhir.”

Petisi untuk mendukung surat itu disimpan di www.endtheoccupation.org/Letter2Pope

Wagner mengatakan bahwa Fosna memulai surat dengan harapan bahwa Paus Fransiskus akan berbicara bagi rakyat Palestina karena ia telah berani berbicara bagi kaum miskin dan tertindas di tempat lain.

“Selama kunjungan Mei mendatang, kami ingin Paus untuk menyampaikan seruan publik kepada pemerintah Israel untuk mengakhiri penganiayaan yang disengaja atas anak-anak Palestina,” kata Wagner, “serta untuk mengakhiri pendudukan militer yang berkepanjangan atas Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Jalur Gaza dan blokade hukuman dan ilegal atas Gaza, di mana 51 persen dari 1,8 juta penduduk berada di bawah usia 18 tahun.”

Surat itu adalah langkah pertama, Wagner mengatakan, dalam kampanye yang lebih besar untuk mendidik dan memobilisasi iman dan masyarakat lainnya dalam upaya untuk mengakhiri penyiksaan anak-anak Palestina dan pendudukan yang menindas mereka dan keluarga mereka. (fosna.org/timeofisrael.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home