Loading...
RELIGI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:46 WIB | Senin, 24 Februari 2014

Paus Peringatkan Kardinal Baru Hindari Intrik dan Pilih Kasih

Paus Fransiskus memberi selamat kepada salah satu dari cardinal yang baru dilantik, Vincent Nichols. (Foto: bbc.co.uk)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus pada Minggu (23/2) mengatakan kepada 19 kardinal yang baru saja diangkat agar menghindari intrik, gosip dan kronisme.

“Seorang Kardinal...memasuki Gereja Roma, saudara-saudaraku, bukan istana kerajaan,” kata paus dalam misa yang dihadiri oleh kardinal yang ditunjuk pada Sabtu (22/2).

“Semoga kita semua menghindari, dan membantu yang lainnya untuk menghindari kebiasaan dan tindakan yang kurang baik seperti intrik, gosip, persekongkolan, pilih kasih dan keberpihakan.”

Imbauan tersebut muncul ketika Fransiskus berupaya membentuk kembali citra Gereja Katolik yang diguncang sejumlah skandal finansial dan tuduhan menutup-nutupi pelecehan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh para pastor.

Dewan kardinal yang dibentuk oleh Fransiskus untuk reformasi Vatikan pada Selasa mendengar laporan untuk mereformasi bank Vatikan dan pada Rabu membahas program organisasi dan ekonomi.

“Kita mencintai...orang-orang yang memusuhi kita; memberkati orang-orang yang berbicara buruk terhadap kita; menyambut dengan senyuman kepada mereka yang mungkin tidak layak mendapatkannya,” kata Fransiskus kepada anggota Dewan Kardinal terbaru pada Minggu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home