Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Minggu, 18 Juli 2021

Suriah: Bashar Al-Assad Dilantik sebagai Presiden, Berkuasa Sejak 2000

Suriah: Bashar Al-Assad Dilantik sebagai Presiden, Berkuasa Sejak 2000
Foto yang dirilis oleh halaman Facebook resmi Kepresidenan Suriah, Presiden Suriah Bashar Assad mengambil sumpah jabatan untuk masa jabatan tujuh tahun keempat, di Istana Kepresidenan Suriah di ibu kota Damaskus, Suriah, hari Sabtu (17/7). (Foto: via AP)
Suriah: Bashar Al-Assad Dilantik sebagai Presiden, Berkuasa Sejak 2000
Presiden Suriah Bashar al-Assad memberi isyarat sebelum mengucapkan sumpah presiden untuk masa jabatan keempat, di Damaskus, Suriah. (Foto: SANA)
Suriah: Bashar Al-Assad Dilantik sebagai Presiden, Berkuasa Sejak 2000
Presiden Suriah, Bashar Al-Assad dan istrinya Asma memberikan suara di tempat pemungutan suara selama pemilihan Presiden di kota Douma, dekat ibu kota Damaskus, Suriah, pada 26 Mei 2021. (Foto: dok. AP)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Suriah, Bashar Al-Assad dilantik pada hari Sabtu (17/7) untuk masa jabatan tujuh tahun keempat di negara yang dilanda perang itu. Dia berjanji untuk mengatasi dampak sanksi ekonomi Barat dan merebut kembali wilayah yang masih di luar kendalinya setelah 10 tahun pertempuran.

Saat upacara pengambilan sumpah diadakan di istana kepresidenan, yang dihadiri oleh ulama, anggota parlemen, tokoh politik, perwira militer dan pendukung lainnya, para aktivis melaporkan bahwa penembakan oleh pasukan pemerintah di daerah kantong pemberontak terakhir di barat laut menewaskan sedikitnya enam orang, termasuk tiga anak-anak dan nenek mereka.

Terpilihnya kembali Assad dalam pemilihan umum pada bulan Mei dengan telak tidak pernah diragukan. Itu digambarkan oleh oposisi Barat dan Suriah sebagai tidak sah dan palsu.

Al-Assad berkuasa sejak tahun 2000, masa jabatan barunya dimulai dengan sebuah negara yang masih hancur oleh perang dan merosot lebih dalam ke dalam krisis ekonomi yang memburuk. Dia dituduh oleh pemerintah Eropa dan Amerika Serikat melakukan sebagian besar kekejaman perang. Assad juga menghadapi sanksi yang meluas yang juga menargetkan para pembantu dekatnya dan lembaga-lembaga negara.

Assad mengatakan dalam pidato pelantikannya bahwa semua kekhawatirannya adalah tentang "membebaskan tanah dan menghadapi konsekuensi ekonomi dan sosial dari perang."

“Membuat segalanya lebih baik adalah mungkin, tentu saja mungkin,” katanya, berbicara selama lebih dari satu jam. “Perang dan pengepungan tidak menutup pintu sepenuhnya... kita bisa melewatinya. Kita hanya perlu tahu caranya.”

PBB memperkirakan bahwa lebih dari 80 persen warga Suriah hidup di bawah garis kemiskinan. Mata uang Suriah telah kehilangan nilai dan layanan dasar dan sumber daya langka ditawarkan dengan harga pasar paralel yang sangat tinggi. Pertempuran sebagian besar telah mereda, tetapi beberapa bagian Suriah tetap berada di luar kendali pemerintah dan pasukan asing serta milisi yang dikerahkan di berbagai bagian negara itu.

Assad mengklaim bahwa uang Suriah yang tertahan di bank-bank Lebanon, yang diperkirakan bernilai antara US$ 40-60 miliar, merupakan tantangan yang lebih besar daripada sanksi. Lebanon menghadapi krisis ekonominya sendiri. Itu menghilangkan dana Suriah, katanya, dan menekan pound Suriah, yang sekarang diperdagangkan sekitar 3.000 per dolar, dibandingkan dengan 47 pound terhadap dolar pada awal perang.

Assad didukung oleh Iran dan Rusia, yang mengirim pasukan dan bantuan yang menopangnya selama perang. Pembicaraan yang dipimpin PBB untuk mengakhiri konflik Suriah telah gagal tanpa kemajuan apa pun.

Didukung oleh kemenangan militer, Assad meminta warga Suriah di pengasingan untuk kembali ke rumah, dengan mengatakan bahwa mereka “disesatkan oleh ilusi” pemberontakan melawan pemerintahannya.

Setelah pengambilan sumpah, Assad bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi ,yang tiba di Damaskus hari Sabtu pagi. Dia adalah pejabat China paling senior yang mengunjungi Damaskus selama bertahun-tahun. Assad berterima kasih kepada China atas dukungannya.

Hampir setengah dari populasi pra perang Suriah mengungsi atau tinggal di negara-negara tetangga atau Eropa sebagai pengungsi. Perang telah menyebabkan hampir setengah juta orang tewas, puluhan ribu hilang dan menghancurkan infrastruktur.

Konflik yang dimulai pada tahun 2011 dimulai setelah pemerintah menindak protes damai, mengubah oposisi terhadap pemerintahan selama puluhan tahun keluarga Assad menjadi pemberontakan bersenjata. Assad mengambil alih pada tahun 2000 setelah kematian ayahnya, Hafez, yang merebut kekuasaan pada tahun 1970 dalam kudeta militer tak berdarah.

Pemilihan pada bulan Mei, yang kedua selama 10 tahun perang saudara, tidak memiliki pemantau independen. Assad memenangkan 95,1 persen suara dengan kompetisi simbolis dari dua kandidat.

Para pejabat AS dan Eropa mengatakan pemungutan suara itu melanggar resolusi PBB untuk menyelesaikan konflik dan tidak mewakili semua warga Suriah.

Meskipun ada kesepakatan gencatan senjata sejak Maret 2020, tembakan pemerintah pada hari Sabtu menargetkan desa barat laut Serjeh di Provinsi Idlib, menurut pekerja penyelamat dan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang dengan para aktivis di lapangan. Di antara enam orang yang tewas juga seorang sukarelawan dari White Helmets, pertahanan sipil di daerah oposisi.

Kekerasan telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir di daerah kantong itu ketika pasukan pemerintah berusaha memulihkan kendali atas wilayah itu yang berpenduduk empat juta orang.

UNICEF mengatakan 512 anak-anak diverifikasi tewas dalam pertempuran di Suriah tahun lalu, mayoritas di barat laut di mana ada 1,7 juta anak-anak yang rentan, banyak dari mereka telah melarikan diri dari kekerasan beberapa kali. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home