Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:40 WIB | Minggu, 27 November 2016

Suriah Kuasai Distrik di Aleppo dari Pemberontak

Pesawat temour Suriah dan sekutunya dalamserangan ke Aleppo timur yang dikuasi pemberontak. (Foto: dari SANA)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM – Pasukan pemerintah Suriah merebut dan kembali mengontrol secara penuh distrik Masaken Hanano, di sebelah utara Aleppo,  yang sebelumnya dikuasai pemberontak.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan hari Sabu (26/11) tentang direbutnya distrik tersebut. Sementara televisi setempat mengatakan bahwa angkatan bersenjata Suriah merebut kembali distrik terbesar di kota itu dari tangan pemberontak.

Kantor berita SANA menyebutkan bahwa militer tengah membersihkan distrik itu dari ranjau dan bom yang ditinggalkan pemberontak, serta telah merebut sejumlah distrik lain dari tangan pemberontak.

Serangan itu merupakan bagian dari operasi militer yang telah berlangsung selama 12 hari untuk mengambil alih kota Aleppo. Sebelum pecah perang saudara pada 2011, Aleppo adalah kekuatan ekonomi penting bagi Suriah.

Sejak 15 November, menurut laporan AFP yang mengutip Observatorium Suriah untuk Hak Asasi, pasukan Suriah  membom Aleppo timur dan menewaskan 212 warga sipil, termasuk 27 anak-anak. Disebutkan pasukan pemerintah telah menguasai 80 persen distrik Masaken Hanano.

Sekitar 250.000 warga sipil terkepung selama beberapa bulan di wilayah Aleppo timur yang dikuasai pemberontak, dan mereka mengalami kekuarangan makanan dan pasokan bahan bakar.

Kota Aleppo tebelah di mana wilayah barat dikuasai oleh pasukan pemerintah Suriah, dan wilayah timur dikuasai pemberontak sejak 2012.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home