Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:30 WIB | Jumat, 30 Oktober 2015

Susanto Megaranto Optimistis Bawa Jabar Juara Kejurnas Catur

Susanto Megaranto Optimistis Bawa Jabar Juara Kejurnas Catur
Pecatur putra Indonesia Susanto Megaranto saat berlaga di babak III Nomor Terbuka di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-45, hari Rabu (28/10) di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
Susanto Megaranto Optimistis Bawa Jabar Juara Kejurnas Catur
Pecatur putra Indonesia Susanto Megaranto (kiri) saat berlaga di babak III melawan Farid Firmansyah dari Provinsi Riau di Nomor Terbuka di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-45, hari Rabu (28/10) di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.
Susanto Megaranto Optimistis Bawa Jabar Juara Kejurnas Catur
Pecatur putri Indonesia dari Provinsi Jawa Barat Dewi Ardhiani Anastasia Citra saat berlaga di babak III di Nomor Khusus Putri di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-45, hari Rabu (28/10) di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.
Susanto Megaranto Optimistis Bawa Jabar Juara Kejurnas Catur
Pecatur putri Indonesia dari Provinsi DKI Jakarta, Ummi Fisabilillah (kiri) dan pecatur putri dari Provinsi Jawa Barat, Dita Karenza saat berlaga di babak III di Nomor Khusus Putri di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-45, hari Rabu (28/10) di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pecatur putra Indonesia, Susanto Megaranto optimistis membawa Provinsi Jawa Barat meraih predikat juara umum, walau sudah lama tidak berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur. 

“Saya (ikut, red) kejurnas terakhir main (tahun, red) 2010 waktu itu di Manado, soalnya saya bentrok terus ya setiap kali mau kejurnas,” kata Susanto kepada satuharapan.com sebelum dia menjalani Nomor Terbuka di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur ke-45, hari Rabu (28/10) di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Susanto dalam Kejurnas Catur ke-45 turun di nomor Terbuka dan dia membela kontingen Jawa Barat. Susanto tetap optimistis dapat meraih hasil maksimal, walau saat ini dia mengakui banyak pecatur berusia muda yang potensial.

Susanto menjelaskan dia tidak mengikuti beberapa Kejurnas Catur sebelumnya karena dia mengikuti turnamen catur lain. “Ya waktu itu memang saya ada kejuaraan di luar (luar negeri, red),” kata dia.

Susanto optimistis bahwa Kejurnas Catur ke-45 dapat memberi gambaran bagi Kontingen Jawa Barat untuk Pekan Olah Raga Nasional Tahun 2016 yang akan digelar di Jawa Barat.

Saat pembukaan, hari Rabu (28/10) Ketua Panitia Kejurnas Catur ke-45  Hendry Hendratno menjelaskan kejurnas diselenggarakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Babak Pertama dipertandingkan mulai Kamis (29/10) pukul 08:00, kemudian babak kesepuluh atau terakhir akan digelar Selasa (3/11) mulai pukul 08:00, setiap hari saat pergantian babak panitia menyediakan  jeda  mulai pukul 12:00 sampai 14:00.

Menurut situs resmi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), pada Kejurnas Catur ke-44 yang diselenggarakan di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, kala itu Provinsi DKI Jakarta meraih juara umum dengan mengumpulkan 11 medali emas, 6 perak, dan 4 perunggu.

Posisi kedua diikuti Provinsi Jawa Tengah yang mengumpulkan 5 medali emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Pada peringkat ketiga diduduki Provinsi Jawa Timur yang mengumpulkan 4 medali emas, 4 perak, dan 12 perunggu.

Urutan keempat dan kelima diduduki Provinsi Kalimantan Timur dan Sumatera Utara. Kalimantan Timur mendapat empat medali emas, 3 medali perak, dan 2 perunggu. Sumatera utara mengumpulkan 2 medali emas, tanpa perak, tanpa perunggu.

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home