Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki 06:43 WIB | Rabu, 06 Maret 2024

Mahasiswi UK Maranatha, Devina Juara I Skate Bandung Championship 2024

Foto: dok. Devina Gita Cahyani

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Devina Gita Cahyani (2330117), mahasiswa Program Sarjana Psikologi Universitas Kristen (UK) Maranatha, mengukir prestasi dalam Skate Bandung Championship 2024 pada 19-21 Januari 2024 di Gardenice Rink, Bandung. 

Devina berhasil meraih Juara I dalam kategori lomba Rhythmic Ribbon Freestyle 2 dan Character Spotlight dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Ice Skating Institute Asia (ISIAsia).

Selain di Indonesia, kompetisi internasional ini juga digelar di beberapa negara lain, termasuk Malaysia, Thailand, Tiongkok, dan Hongkong.

Seluruh rangkaian acara berlangsung secara bertahap setiap tahunnya dengan jadwal yang berbeda-beda. ISIAsia menetapkan persyaratan poin yang harus dipenuhi oleh skaters melalui kompetisi-kompetisi tahunan untuk berpartisipasi dalam ISIAsia Finals Championship yang digelar setiap akhir tahun. 

Seleksi dilakukan secara offline oleh pelatih yang telah ditentukan dengan mengisi Form Test Level dari ISIAsia yang mencakup data penting untuk menilai kelulusan skaters. Setelah lolos seleksi, skater akan menerima sertifikat resmi dari ISIAsia sebagai bukti kenaikan level dan berhak mengikuti kompetisi di level tersebut atau di level selanjutnya.

Devina mengungkapkan bahwa meskipun sempat vakum selama setahun untuk persiapan masuk kuliah, ia hanya membutuhkan dua bulan berlatih bersama coach pribadinya.

Ia menjelaskan bahwa rutinitas latihannya melibatkan penggunaan alat berlatih on ice dengan media es, serta latihan off ice untuk mencoba pengalaman baru di luar es.

Lalu, Devina juga mengatakan bahwa ia berfokus pada persiapan dengan menggunakan pita di atas es karena menghadapi kesulitan dalam membuat gerakan yang indah dengan alat tersebut. Oleh karena itu, sebagian besar waktu latihannya dihabiskan untuk mempraktikkan gerakan-gerakan indah dengan pita tanpa melanggar aturan yang berlaku.

“Saya mengalami kesulitan dalam membagi waktu antara kuliah dan latihan karena coach saya juga harus melatih skaters lain. Kompetisi kali ini sangat menantang karena berlangsung pada hari yang sama dengan ujian akhir semester. Tak hanya itu, saya harus beradaptasi kembali dengan blade baru pada sepatu ice skating saya agar dapat melakukan gerakan jump and spin dengan lancar. Meskipun begitu, saya bersyukur bisa melalui tantangan tersebut dan meraih hasil yang terbaik,” ucap Devina dikutip Rabu (6/3).

Selain itu, Devina mengungkapkan rasa bahagia dan terharu atas pencapaian luar biasa yang berhasil diraihnya dalam kompetisi. Awalnya, ia sempat merasa grogi dan pesimis ketika melihat penampilan memukau dari lawan-lawannya. Namun, dengan keyakinan pada kemampuan dan bakatnya di bidang ice skating, akhirnya Devina meraih juara utama dalam dua kategori.

“Harapannya, saya dapat terus berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi mendatang dan meraih kesempatan untuk turut bersaing di ISIAsia Finals Championship 2024. Saya juga berharap agar bisa meraih beasiswa atas prestasi-prestasi yang telah dicapai, dan dapat menjadi kebanggan bagi orang tua,” tutup Devina.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home