Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:13 WIB | Jumat, 06 Januari 2023

Taliban Bunuh Delapan dan Tangkap Sembilan Anggota ISIS

Pejuang aliban memeriksa rumah kelompok Negara Islam (ISIS) yang hancur dalam konflik yang sedang berlangsung antara keduanya di Kabul, Afghanistan, Kamis, 5 Januari 2023. Taliban Afghanistan telah membunuh delapan pejuang kelompok Negara Islam dan menangkap sembilan lainnya dalam penggerebekan terhadap tempat persembunyian para militan pada hari Rabu, Afghanistan. (FRoto: AP/Ebrahim Noroozi)

KABUL, SATUHARAPAN.COM - Taliban yang berkuasa di Afghanistan membunuh delapan militan ISIS dan menangkap sembilan lainnya dalam serangkaian serangan yang menargetkan tokoh-tokoh kunci dalam serentetan serangan di Kabul, kata juru bicara senior pemerintah Taliban, hari Kamis (5/1).

Zabihullah Mujahid, juru bicara pemerintah Taliban, mengatakan serangan di ibu kota dan Provinsi Nimroz di wilayah barat pada hari Rabu (4/1) menargetkan militan ISIS yang mengorganisir serangan baru-baru ini di Hotel Longan Kabul, kedutaan Pakistan dan bandara militer.

Delapan pejuang ISIS, termasuk warga negara asing, tewas dan tujuh lainnya ditangkap di Kabul, sementara operasi terpisah di Provinsi Nimroz barat menghasilkan dua penangkapan ISIS lagi, kata Mujahid.

“Anggota ini memiliki peran utama dalam serangan di hotel China dan membuka jalan bagi anggota ISIS asing untuk datang ke Afghanistan,” kata Mujahid dalam sebuah tweet.

Kelompok Negara Islam (IS atau ISIS) mengaku bertanggung jawab atas pemboman mematikan di dekat pos pemeriksaan di bandara militer ibu kota Afghanistan, hari Minggu. ISIS mengatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh militan yang sama yang mengambil bagian dalam serangan Hotel Longan pada pertengahan Desember.

Afiliasi regional dari kelompok Negara Islam (ISIS) dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan dan merupakan saingan utama Taliban, telah meningkatkan serangannya di Afghanistan sejak pengambilalihan Taliban pada tahun 2021. Targetnya termasuk patroli Taliban dan anggota minoritas Syiah Afghanistan.

ISIS menerbitkan foto penyerang, mengidentifikasi dia sebagai Abdul Jabbar, mengatakan dia menarik diri dengan aman dari serangan di hotel setelah dia kehabisan amunisi. Ia menambahkan dia meledakkan rompinya yang berisi bahan peledak yang menargetkan tentara yang berkumpul di pos pemeriksaan.

Mujahid mengatakan senjata ringan, granat tangan, ranjau, rompi, dan bahan peledak disita oleh pasukan keamanan Taliban selama penggerebekan di tempat persembunyian ISIS di lingkungan Shahdai Salehin. Penduduk setempat melaporkan suara beberapa ledakan dan baku tembak selama berjam-jam.

Mohammad Hakim Painda, seorang warga setempat, mengatakan bahwa sebuah rumah yang digerebek telah ditempati oleh sebuah keluarga yang baru saja pindah ke daerah tersebut. Dia mengatakan dua perempuan dan dua anak diselamatkan dari rumah itu.

Badrudin, warga lain dari lingkungan yang sama, mengatakan pasukan keamanan Taliban mengepung daerah itu dan meminta orang untuk tinggal di dalam rumah mereka sebelum melancarkan operasi.

“Saya ingin keluar rumah, tetapi Taliban meminta saya untuk tetap di dalam, kemudian serangan dimulai dan berlangsung sekitar dua jam,” kata Badrudin, yang seperti banyak orang Afghanistan hanya menggunakan satu nama.

Taliban menyapu seluruh negeri pada Agustus 2021, merebut kekuasaan saat pasukan Amerika Serikat dan NATO berada pada pekan terakhir penarikan terakhir mereka dari Afghanistan setelah 20 tahun perang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home