Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:02 WIB | Minggu, 08 Agustus 2021

Taliban Kuasai Satu Ibu Kota Provinsi Afghanistan

Pilot Afghanistan yang dilatih AS dan NATO jadi sasaran serangan Taliban.
Sebuah foto yanhg menunjukkan petugas keamanan memeriksa lokasi serangan bom di Kabul, Afghanistan, pada 20 Februari 2021. (Foto: dok.AP/Rahmat Gul)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban telah merebut ibu kota provinsi Afghanistan pertama mereka sejak melancarkan serangan bertepatan dengan keberangkatan terakhir pasukan asing, kata seorang pejabat senior pemerintah Jumat (6/8).

"Saya bisa memastikan... kota Zaranj, ibu kota Provinsi Nimroz, telah jatuh ke tangan Taliban," kata Roh Gul Khairzad, wakil gubernur, kepada AFP.

Dia mengatakan kota di Afghanistan barat daya dekat perbatasan Iran itu telah jatuh "tanpa perlawanan", dan media sosial menunjukkan klip ekstremis berkeliaran di jalan-jalan, disoraki oleh penduduk setempat. Namun kebenaran video itu tidak dapat segera dikonfirmasi.

Meskipun tidak penting secara strategis, jatuhnya Zaranj merupakan pukulan psikologis bagi pemerintah, yang mati-matian mempertahankan serangkaian ibu kota provinsi dari serangan Taliban.

“Kota itu berada di bawah ancaman untuk sementara waktu, tetapi tidak ada seorang pun dari pemerintah pusat yang mendengarkan kami,” kata Khairzad.

Dalam sebuah tweet, Taliban sebelumnya mengatakan pasukannya telah merebut gedung-gedung strategis termasuk markas administrasi dan polisi.

Pertempuran dalam konflik berkepanjangan Afghanistan telah meningkat sejak Mei, ketika pasukan asing memulai tahap akhir penarikan yang akan selesai akhir bulan ini. (AFP)

Bom Serang Pilot

Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa seorang pilot Angkatan Udara Afghanistan tewas oleh bom di Kabul pada hari Sabtu (7/8), kata para pejabat, dalam serangan yang diklaim oleh Taliban.

Pilot itu, Hamidullah Azimi, tewas ketika bom yang dipasang di kendaraannya meledak, kata para pejabat, seraya menambahkan bahwa lima warga sipil terluka dalam ledakan itu.

Azimi dilatih untuk menerbangkan helikopter UH60 Black Hawk buatan Amerika Serikat dan telah bertugas di Angkatan Udara Afghanistan selama hampir empat tahun, kata komandan pasukan tersebut, Abdul Fatah Eshaqzai, kepada Reuters.

Dia telah pindah ke Kabul bersama keluarganya setahun yang lalu karena ancaman keamanan, tambah Eshaqzai.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Muhajid, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Taliban yang melakukan serangan itu.

Reuters pertama kali merinci kampanye Taliban untuk membunuh pilot di luar pangkalan yang menurut pejabat Afghanistan merenggut nyawa setidaknya tujuh pilot Afghanistan sebelum pembunuhan hari Sabtu.

Taliban telah mengkonfirmasi sebuah program yang akan membuat pilot Afghanistan yang dilatih AS “ditargetkan dan dihilangkan.” Para pejabat AS dan Afghanistan percaya itu adalah upaya yang disengaja untuk menghancurkan korps pilot militer yang dilatih AS dan NATO di Afghanistan ketika pertempuran meningkat di seluruh negeri.

Taliban, yang tidak memiliki angkatan udara, ingin menyamakan kedudukan saat mereka menekan serangan darat besar-besaran yang telah membuat mereka dengan cepat merebut wilayah sejak Mei.

Didorong oleh pengumuman Washington bahwa mereka mengakhiri misi militernya pada akhir Agustus, Taliban telah meluncurkan serangan militer di seluruh negeri yang telah mendapatkan momentum dalam beberapa hari terakhir.

Pada hari Jumat, para pemberontak merebut ibu kota provinsi pertama mereka dalam beberapa tahun ketika mereka menguasai Zaranj, di perbatasan dengan Iran di provinsi Nimroz selatan Afghanistan. Ketika Taliban mengawasi kota-kota lain, Angkatan Udara Afghanistan telah memainkan peran penting dalam menahan mereka.

Kematian Azimi terjadi hanya beberapa hari setelah Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR), dalam sebuah laporan kepada Kongres AS, mengatakan penargetan pilot yang dirinci oleh Reuters adalah "perkembangan yang mengkhawatirkan" lainnya bagi Angkatan Udara Afghanistan karena terhuyung-huyung dalam pertempuran.

Dalam laporan triwulanannya yang mencakup periode tiga bulan hingga Juni, SIGAR menggambarkan angkatan udara semakin tertekan dan menjadi kurang siap untuk bertempur. Armada helikopter UH-60 Black Hawk-nya memiliki tingkat kesiapan 39 persen pada bulan Juni, sekitar setengah dari tingkat kesiapan April dan Mei.

“Semua platform pesawat menghadapi meningkatnya permintaan untuk dukungan udara jarak dekat, intelijen, pengawasan, misi pengintaian dan pasokan udara sekarang karena (militer Afghanistan) sebagian besar tidak memiliki dukungan udara AS,” kata laporan itu.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home