Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 17:39 WIB | Selasa, 16 Juli 2013

Teleskop Hubble NASA Menemukan Bulan Baru di Planet Neptunus

Pesawat ruang angkasa Voyager gagal menemukannya pada tahun 1989. (Foto BBC)

SATUHARAPAN.COM - NASA telah mengkonfirmasi bahwa teleskop ruang angkasa Hubble menemukan bulan baru yang mengorbit di Neptunus. Seperti dilansir dari situs BBC hari Senin (15/7). S/2004 N 1 merupakan bulan keempat belas yang dikenali mengelilingi planet raksasa itu.

Bulan ini juga tampaknya menjadi bulan terkecil dalam sistem Neptunus, berukuran hanya 20 km (12 mil), menyelesaikan satu revolusi di sekitar Neptunus setiap 23 jam.

Astronom Amerika Serikat, Mark Showalter, melihat titik kecil saat mempelajari segmen cincin di sekitar Neptunus.

NASA mengatakan bulannya sekitar 100 juta kali lebih redup daripada bintang yang terlihat samar dengan mata telanjang.

Bulan ini begitu kecil sehingga pesawat ruang angkasa Voyager gagal menemukannya pada tahun 1989 ketika melewati dekat Neptunus dan mengamati sistem planet pada bulan dan cincin.

Metode Mark Showalter dalam penemuannya melacak pergerakan bintik putih yang muncul berulang-ulang pada lebih dari 150 foto yang diambil dari Neptunus oleh Hubble antara 2004 hingga 2009.

“Bulan-bulan dan busur orbit sangat cepat, jadi kami harus menemukan cara untuk mengikuti gerakan mereka dalam rangka memperoleh rincian sistem,” jelas Mark Showalter.

Ini alasan yang sama seorang fotografer olahraga melacak atlet yang berjalan, atletnya tetap fokus, tetapi mengaburkan latar belakang.”

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home