Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:32 WIB | Rabu, 05 November 2014

Tentara Inggris Akan Latih Pasukan Irak Lawan ISIS

Personil Tentara Irak ambil bagian dalam penyebaran keamanan intensif terhadap militan Negara Islam di Jurf al-Sakhar 27 Oktober 2014. (Foto: alarabiya.net)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM - Inggris siap mengirim tentara ke Irak untuk melatih pasukan lokal memerangi gerilyawan kelompok militan Islamic State Iraq and Syria (ISIS), demikian dilaporkan surat kabar The Times, pada Rabu (5/11).

Kementerian Pertahanan Inggris menolak memberi komentar mengenai berita itu tetapi mengatakan satu pengumuman segera dikeluarkan.

Surat kabar itu melaporkan bahwa beberapa perwira akan bergabung dalam satu markas besar Amerika Serikat di Baghdad untuk melatih dan memberi nasihat kepada tentara Irak, dan tim-tim pelatih itu juga dapat dikirim ke daerah otonomi Kurdi.

Bulan lalu, Kementerian Pertahanan mengumumkan satu tim tentara sedang melatih para petempur Peshmerga (Pasukan) Kurdi menggunakan senapan-senapan mesin berat yang dipasok Inggris.

Jet-jet Tornado Angkatan Udara Kerajaan itu juga telah ikut serta dalam operasi pengeboman terhadap ISIS di Irak.

Akan tetapi, Perdana Menteri David Cameron mengesampingkan mengirim pasukan darat ke Irak, khawatir menimbulkan konflik baru enam bulan menjelang pemilu.

Pasukan Inggris terakhir meninggalkan Irak tahun 2011, delapan tahun setelah invasi pimpinan Amerika Serikat yang telah menggulingkan presiden Saddam Husein. (alarabiya.net)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home