Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 18:52 WIB | Kamis, 18 Desember 2014

Terjangkit Virus HIV, Anak 8 Tahun Diusir dari Kotanya

Mahasiswa Tiongkok terlihat mempromosikan kesadaran AIDS, saat kampanye Hari AIDS Sedunia, awal Desember lalu. (Foto: AFP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Kunkun (nama samaran), seorang anak laki-laki Tiongkok, berusia delapan tahun diusir dari desa nya karena positif terjangkit virus HIV.

Lebih dari 200 warga desa di provinsi barat daya Sichuan, Tiongkok menandatangani petisi untuk mengusir Kunkun, seperti dilansir Daily Mail pada Kamis, (18/12).

Tak hanya warga desa, wali dan kakek Kunkun pun menyetujui untuk mengeluarkan Kunkun dari desa nya. Bahkan mereka menandatangani petisi untuk mengeluarkan sang anak dari desa pada awal Desember lalu, menurut laporan surat kabar setempat Global Times.

Menurut Global Times, Kun tertular virus HIV dari ibunya. Setelah dia didiagnosis terserang virus HIV pada 2011 lalu, dia dikeluarkan dari sekolah dan dikucilkan oleh warga desa.

Meskipun pemerintah memiliki kebijakan dan undang-undang yang bertujuan untuk menghentikan diskriminasi HIV/AIDS, kesalahpahaman tentang penyakit ini telah menyebabkan anak-anak yang terkena virus tersebut dilarang bersekolah, atau bahkan ditinggalkan orang tuanya. 

"Tak seorang pun ingin bermain dengan saya," kata Kun.

Terkait hal ini, pihak berwenang dan walikota desa menyatakan Kun berhak hidup dan tumbuh selayaknya anak-anak di desa tersebut. "Kami akan memberikan penyuluhan psikologis kepada warga," kata pejabat desa setempat.

Pada tahun 2012, Presiden Xi Jinping mengunjungi sekelompok orang yang hidup dengan HIV di Beijing. Seperti dilaporkan kantor berita Tiongkok, Xinhua, Xi mendesak masyarakat untuk mengakhiri diskriminasi dan menerangi kehidupan penderita HIV/AIDS dengan cinta. (dailymail.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home