Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:41 WIB | Kamis, 03 Oktober 2013

Tim Formula Satu Tolak Bahan Bakar Tunggal

ilustrasi balap mobil formula 1 (foto:imagedeshistoires.com)

ZAGREB, SATUHARAPAN.COM – Sehubungan dengan protes dari beberapa tim peserta Organisasi Federasi Internasional Otomobil (FIA), tentang rencana penggunaan bahan bakar resmi tunggal untuk balap mobil Formula 1 tahun mendatang, maka FIA telah menegaskan kepada publik bahwa saat ini tidak akan meluncurkan bahan bakar tunggal untuk balapan Formula 1 seri-seri berikutnya. Hal ini tertuang pada keterangan resmi Dewan Olahraga Otomotif yang diselenggarakan di Zagreb, pada Jumat (27/9) yang lalu.

Sementara itu bagi balapan Formula 1 ini, FIA tetap memperpanjang kontrak untuk penyuplai ban tetap dari pabrikan Pirelli, banyak tim dari peserta F1 saat ini tidak setuju ide tentang penyuplai satu bahan bakar untuk balapan ini.  

Apalagi ada beberap tim yang saat ini diharuskan balapan dengan standar spesifikasi kendaraan tertentu, dan perusahaan penyedia BBM tersebut tidak senang apabila memutus kontrak sepihak dengan tim yang telah mengikat kontrak bahan bakar tertentu, seperti tim Ferrari yang bekerja sama dengan Shell dan tim Red Bull yang dipasok Total.

Bukannya mencari cara untuk melakukan tender baru, beberapa sumber terkait mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal FIA, Pierre De Connick telah membuat keterangan resmi bagi masing-masing tim bahwa pada masa mendatang kalau ada tim yang ingin mengadakan penandatanganan kontrak untuk bahan bakar baru harus melalui FIA dahulu, tidak bisa langsung.    

Pada bagian ban, kontrak merk ban Pirelli dengan penyelenggara F1 saat ini masih kontroversi karena perusahaan tersebut tidak menjalin kerjasama dengan FIA, tetapi langsung dengan masing-masing tim peserta balap F1. (autosport.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home