Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:47 WIB | Jumat, 08 Mei 2015

Tim Indonesia Variasi Latihan, Jelang Piala Sudirman

Para pebulu tangkis, pelatih, dan ofisial menjelang keberangkatan ke Piala Sudirman dilepas oleh Ketua Umum PBSI, Gita Wirjawan (batik silver). (Foto: Humas PBSI).

DONGGUAN, SATUHARAPAN.COM – Pelatih fisik tim bulu tangkis Indonesia yang berlaga di Piala Sudirman, Ari Subarkah mengatakan dia melakukan beberapa inovasi latihan agar terasa lebih menyenangkan.

“Dua hari menjelang pertandingan, ada kemungkinan tekanan atlet semakin berat. Untuk itu, saya sebagai pelatih juga harus memikirkan bagaimana agar latihan bisa ceria tapi tanpa menghilangkan esensi dan tujuan dari programnya. Latihan dikombinasi dengan game, agar tidak membuat stress dan menghibur. Tetap ada unsur kelincahan, daya tahan, kecepatan. Agar lebih fun, membangkitkan semangat dan mengurangi tekanan jelang pertandingan,” kata Ari di Dongguan, Tiongkok, Jumat (8/5).

Ari menjelaskan program latihan ini merupakan hasil dari koordinasi dengan seluruh tim pelatih fisik Pelatnas PBSI yang ada. 

“Program latihan fisik di Dongguan ini ada inovasi, misalnya dengan latihan di air, seperti yang kami lakukan kemarin. Karena fasilitas gymnasium di sini kurang memadai, track lari juga tidak ada, jadi perlu inovasi latihan. Dengan latihan di air medianya bisa lebih soft, latihan ini juga untuk menjaga power dari atlet dan mengurangi kemungkinan cedera," kata Ari.

Beberapa hari menjelang pertandingan Piala Sudirman 2015 –mulai Minggu (10/5) sampai dengan Minggu (17/5)–  kondisi fisik para pebulu tangkis yang akan turun, menjadi perhatian khusus.

"Latihan saat ini untuk unloading. Intensitasinya tetap tinggi tapi volumenya diturunkan, agar energi yang ada bisa tersalurkan ke pertandingan,” kata Ari.

Lebih lanjut Ari menjelaskan bahwa latihan fisik atlet yang akan turun di Piala Sudirman saat ini lebih untuk menjaga fleksibilitas otot. Hal tersebut dilakukan  dengan stretching, dynamic stretching dan latihan kelincahan atau agility.

Selain itu, Ari juga berkoordinasi dengan ahli gizi PBSI, agar program latihan dan nutrisi yang diberikan bisa seimbang. (badmintonindonesia.org).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home