Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:00 WIB | Selasa, 24 Maret 2015

Tinja Dapat Mengandung Emas Senilai Jutaan Dolar

Tidak hanya emas, logam langka seperti palladium dan vanadium terdapat pada tinja manusia. (Foto: USGS Denver Microbean Laboratory/Heater Lowers)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM  - “Tinja manusia mengandung emas dan logam mulia lainnya yang dapat bernilai ratusan juta dolar,“ kata sejumlah pakar.

Saat ini, masalahnya adalah bagaimana mengambil kandungan tersebut, berkah potensial yang juga dapat membantu menyelamatkan planet ini.

“Emas yang kami temukan pada tingkat deposit mineral minimal,” kata Kathleen Smith, dari US Geological Survey, setelah timnya menemukan logam seperti platina, perak, dan emas pada limbah yang diteliti.

Sebuah studi terbaru dari kelompok pakar lain di bidang tersebut, menemukan limbah dari satu juta orang AS dapat berisi logam senilai 13 juta dolar Amerika (sekitar Rp 168,5 miliar).

Menemukan cara untuk mengekstrak logam tersebut, dapat membantu lingkungan dengan mengurangi kebutuhan untuk pertimbangan, dan mengurangi pelepasan logam yang tidak diinginkan ke lingkungan.

Lebih dari tujuh juta ton biosolid keluar dari fasiltas air limbah AS setiap tahun, sekitar setengahnya digunakan sebagai pupuk di ladang dan hutan, dan separuh lainnya dibakar atau masuk ke tempat pembuangan sampah.(AFP/Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home