Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 15:39 WIB | Kamis, 23 April 2015

Tiongkok Terbitkan Daftar 100 Pejabat Korup di Koran Pemerintah

Sebagian dari foto pejabat Tiongkok yang diduga melakukan korupsi dan buron, yang dimuat di surat kabar pemerintah Tiongkok, China Daily (Foto:eng

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Tiongkok menerbitkan daftar 100 pejabat yang buron karena dugaan korupsi dan diyakini telah melarikan diri ke luar negeri.

Foto para tersangka terpampang di dua halaman surat kabar resmi China Daily, Kamis (23/4), bersama dengan nama, umur, kota kelahiran, bahasa yang digunakan dan kejahatan yang diduga telah mereka lakukan. Suap, penggelapan dan penipuan tampaknya menjadi tuduhan yang paling umum.

Kantor berita AP melaporkan, badan pengawas pada Partai Komunis yang berkuasa mengatakan Interpol telah mengeluarkan pemberitahuan penangkapan untuk 100 orang dalam daftar tersebut. Dikatakan mayoritas diyakini telah melarikan diri ke Kanada dan Amerika Serikat

Diantara para buron itu termasuk Yang Xiuzhu, mantan wakil direktur Biro Pembangunan Provinsi Zhejiang, yang melarikan diri ke AS dan dicurigai menggelapkan 250 juta yuan (US$ 40,3 juta). Juga ada Li Huabo, mantan pejabat senior di biro keuangan Poyang, provinsi Jiangxi, yang berimigrasi ke Singapura dan dituduh menggelapkan 94 juta yuan. Dalam daftar tersebut ada pula Huang Yurong, mantan wakil ketua Henan Provincial Highway Development, yang melarikan diri ke Amerika Serikat karena dugaan suap.
Ada
23 perempuan dalam daftar tersebut.

Tiongkok telah meluncurkan beberapa operasi transnasional dengan nama kode "Fox Hunt" dan "Sky Net" untuk mengupayakan pengembalian para tersangka dari luar negeri sebagai bagian dari perang total Presiden Xi Jinping terhadap korupsi.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home