Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:19 WIB | Senin, 27 Oktober 2014

Tip Mendapatkan Beasiswa

Ilustrasi: tip mendapatkan beasiswa. (Foto: lcdc.law.ugm.ac.id)

SATUHARAPAN.COM - Saat ini banyak lembaga yang menawarkan beasiswa menarik kepada mahasiswa. Beasiswa yang tersedia bukan hanya untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Siapa saja bisa mengajukan permohonan beasiswa, namun harus melewati seleksi ketat.

Mengejar beasiswa memang bukan hal mudah. Seorang mahasiswa bisa berkali-kali melamar untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan. Berbagai usaha dan cara pun bisa dilakukan seorang mahasiswa untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Langkah-langkah Memperoleh Beasiswa (S1)

-Mencari informasi tentang beasiswa sebanyak mungkin, misalnya di kampus atau di perusahaan yang menyediakan beasiswa.

-Pastikan memiliki nilai bagus dalam rapor SMA. Usahakan agar nilai bagus dan stabil sejak semester pertama kelas X hingga lulus.

-Aktif berorganisasi, di OSIS atau di kelompok ekstrakurikuler di sekolah.

- Mampu berbahasa Inggris, lisan ataupun tulisan.

Langkah Dasar Memperoleh Beasiswa Luar Negeri

-Menetapkan kriteria didasari kebutuhan spesifik. Misalnya level pendidikan master (S2), dengan bidang studi lingkungan (environmental), biologi, manajemen, ekonomi, dengan lokasi studi target utama Eropa, Amerika Serikat, atau Jepang. Atau, negara-negara lain, seperti Singapura, Tiongkok, dan Kanada.

-Menentukan fokus, misalnya kuliah di negara Eropa dengan bidang studi yang telah dipertimbangkan di atas.

-Mencari informasi beasiswa dengan mengunjungi situs www.milisbeasiswa.com, atau berlangganan informasi beasiswa lewat email, membaca informasi di media cetak.

-Pilih beasiswa paling sesuai.

Syarat khusus untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan Dalam Negeri Reguler (S1, S2, dan S3), meliputi usia saat melamar S1 maksimal 21 tahun, S2 maksimal 35 tahun, S3 maksimal 40 tahun.

-Untuk S1, adalah juara ujian nasional tingkat kabupaten/kota/provinsi/nasional;

-Untuk S2 dan S3 memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) terakhir minimum 3.00 dari skala 0 – 4.00; atau memiliki sertifikat kejuaraan/prestasi pada tingkat perguruan tinggi, atau prestasi lain minimal pada tingkat kabupaten/kota dalam lima tahun terakhir.

-Persiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan: hasil tes TOEFL/IELTS, hasil tes GMAT/GRE, pengalaman kerja, surat rekomendasi dari dosen atau atasan di tempat kerja, acceptance letter dari universitas yang dituju, surat rekomendasi dari dosen di universitas yang dituju, esai (statement of purpose, motivation statement)

Contoh Beasiswa

-Beasiswa Unggulan, merupakan program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang bertujuan menggaet para calon dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan perguruan tinggi (PTN/PTS) untuk melanjutkan pendidikannya. Beasiswa Unggulan menyediakan beasiswa studi S2 dan S3 di dalam negeri dan luar negeri, mulai ditawarkan awal Maret hingga April.

-Beasiswa Pendidikan Tinggi (Dikti), ditujukan bagi dosen tetap PTN dan dosen tetap PTS. Pada Gelombang 1, Beasiswa Dikti hanya menyediakan pilihan studi di luar negeri. Pendaftaran secara online dibuka antara Juli dan Oktober.

-Beasiswa Bidik Misi, ini salah satu beasiswa Kemdikbud yang ditujukan bagi siswa kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Beasiswa Bidik Misi dibuka awal Maret untuk jalur undangan, berikutnya awal Mei untuk jalur SNMPTN. Selain itu, perguruan tinggi juga menyediakan seleksi secara mandiri. 

-Beasiswa Sampoerna ditujukan bagi mahasiswa asal Papua. Beasiswa dibuka sekitar awal Juni.

-Beasiswa Djarum, melalui programnya Djarum Beasiswa Plus, rutin digulirkan, dengan sasaran mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1. Beasiswa ini ditawarkan awal April. 

-Beasiswa BCA, ditawarkan BCA Finance. Sasarannya juga mahasiswa S1 dan minimal telah menyelesaikan semester 2. Beasiswa BCA ditawarkan setiap tahun. Pendaftaran dibuka sekitar awal September.

-Beasiswa CIMB, melalui programnya Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB, menjaring mahasiswa yang berprofesi sebagai wirausaha muda di masa kuliah. Beasiswa CIMB ditawarkan bagi mahasiswa S1 dan D3. Selain itu, melalui CIMB Group juga disediakan beasiswa S2 dan S3 di luar negeri. Beasiswa CIMB biasanya ditawarkan awal Juni.

-Beasiswa On Going, disediakan oleh Dikti untuk para dosen tetap PTN maupun PTS yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Biasanya, beasiswa ini ditawarkan sekitar awal Juli.

-Beasiswa Kemenag, Kementerian Agama juga memiliki penawaran beasiswa sendiri yang ditujukan bagi dosen dan tenaga kependidikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN)/Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS). Beasiswa ini hanya bisa diambil untuk studi di luar negeri mulai jenjang S2 hingga S3. Jika tidak berubah, pengumuman beasiswa Kemenag akan disampaikan Mei.

-Beasiswa Bidik Misi Kemenag, juga ditujukan bagi siswa kurang mampu. Pengelola beasiswa juga akan menanggung biaya kuliah di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Beasiswa baru bisa diajukan bila mahasiswa lulus di SPMB PTAIN. Silakan periksa tawaran ini pada Mei.

-Beasiswa Peneliti, Penulis, Pencipta, Seniman, Wartawan, Olahragawan, dan Tokoh (P3SWOT). Beasiswa ini disediakan Kemdikbud bagi sejumlah penggiat profesi, di antaranya peneliti, penulis, pencipta, seniman, wartawan, olahragawan, dan tokoh. Beasiswa P3SWOT dibuka di awal tahun dan berakhir 31 Desember.

-Beasiswa Fast Track, salah satu beasiswa program Fast Track disediakan Kemdikbud. Beasiswa ini dibuka Januari hingga 31 Desember.

-Beasiswa Guru dan Kepsek, dan Pengawas, kini juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Kemdikbud, mengalokasikan beasiswa untuk mereka setiap tahunnya. Beasiswa diberikan secara penuh untuk program S2 yang akan diambil. Pendaftaran dibuka sekitar Maret hingga Mei.

- Beasiswa Chief Information Officer (CIO) disediakan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan UGM. Beasiswa ini ditawarkan bagi PNS/CPNS di lingkungan kementerian maupun nonkementerian baik pusat maupun daerah. Beasiswa ditawarkan untuk program S2. Pendaftaran dibuka sekitar awal Februari. 

- Beasiswa Universitas, yang umumnya memiliki penawaran beasiswa secara mandiri. Beasiswa kampus ini ada yang dibuka untuk perkuliahan baru, tapi juga banyak yang ditawarkan kepada mahasiswa yang sedang studi.

(www.beasiswapascasarjana.com/beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home