Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:57 WIB | Kamis, 01 Januari 2015

Tokoh Lintas Agama Doakan Jenazah Korban AirAsia

Sekelompok warga menggelar aksi belasungkawa AirAsia, Makassar, Sulsel, Rabu (31/12). Aksi belasungkawa dan doa bersama tersebut untuk para penumpang dan kru pesawat AirAsia QZ 8501. (Foto: Antara/Dewi Fajriani)

PANGKALAN BUN, SATUHARAPAN.COM - Perlakuan secara keagamaan dilakukan kepada seluruh jenazah penumpang korban pesawat AirAsia QZ 8501 yang dievakuasi ke RSUD Sultan Imanuddin.

"Kami mempersilakan kepada tokoh agama Islam, Kristen dan lainnya yang ingin mendoakan sesuai dengan agama masing-masing. Jenazah yang dibawa ke sini kan umumnya belum teridentifikasi," kata Direktur RSUD Sultan Imanuddin, dr Sayuti Syamsul di Pangkalan Bun, Kamis (1/1).

Sejak Rabu hingga Kamis pukul 13.00 WIB, sudah ada tujuh jenazah yang dibawa ke rumah sakit tersebut. Setelah dibersihkan dan dikemas untuk mengurangi percepatan pembusukan dan bau.

Seluruh jenazah yang dievakuasi rata-rata sudah dalam kondisi membusuk dan sulit ditemukan. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi khusus oleh tim dokter.

Salah seorang tokoh Kristen, Pendeta Sirdjon Palese mengatakan, pihaknya menyiapkan ada sepuluh pendeta yang bertugas bergantian setiap harinya untuk mendoakan jenazah yang dibawa ke rumah sakit tersebut.

Hampir semua perwakilan tokoh agama selalu hadir untuk mendoakan jenazah yang dibawa ke kamar jenazah rumah sakit tersebut. Rohaniawan mendoakan jenazah setelah tim dokter membersihkan dan mengemas jenazah untuk disiapkan diberangkatkan.

"Kami mendoakan dengan cara agama masing-masing, tanpa melihat apapun agama jenazah tersebut. Apalagi sebagian besar jenazah yang dibawa ke sini itu belum teridentifikasi," kata Sirdjon Palese.

Para rohaniawan atau tokoh agama akan terus secara bergantian berada di rumah sakit karena diperkirakan masih banyak jenazah yang akan dievakuasi ke rumah sakit tersebut, sebelum diterbangkan ke Surabaya.

Sementara total jenazah yang sudah dievakuasi ke Surabaya sejak Rabu hingga Kamis malam ini sudah delapan orang. Basarnas juga mengatakan masih belum menemukan bangkai pesawat yang diperkirakan berada di dasar laut. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home