Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:40 WIB | Jumat, 20 Mei 2016

Transjakarta Luncurkan 8 Bus Wisata Malam

Bus wisata malam yang dihibahkan dari PT Tower Bersama Infrastructure Tbk di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/05). (Foto: beritajakarta.com/Reza)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan delapan unit bus untuk tujuan wisata dan kuliner malam hari bagi warga DKI Jakarta. Bus ini akan beroperasi mulai hari Sabtu (21/5) dan tidak dipungut biaya.

Rencananya bus ini akan beroperasi di rute Balai Kota hingga Kota Tua setiap malam minggu dan malam libur nasional yang beroperasi mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

“Bus wisata malam ini kami sediakan bagi masyarakat Jakarta yang ingin jalan-jalan malam minggu ke Kota Tua dan tempat-tempat makan. Kami sediakan sarana bus wisata yang nyaman, aman, bersih dan informatif,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari Jumat (20/5).

Dia menjelaskan ada tiga tema rute yang diusung. Di antaranya adalah “History of Jakarta” yang akan membawa penumpang berkunnjung ke gedung-gedung bersejarah dan museum. Bus ini beroperasi pada hari Minggu pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Kemudian “Art and Culinary” yang akan memanjakan perut penumpang dengan berkunjung ke tempat-tempat makan dan melihat kehidupan Jakarta di waktu malam. Bus ini beroperasi setiap hari Sabtu pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Selain itu, tema “Shopping Experience/Jakarta Modern” juga hadir bagi penumpang yang ingin melihat sisi metropolitan Jakarta. Bus ini akan beroperasi setiap hari Minggu pukul 12.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Bus-bus wisata ini akan dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang lokasi yang disinggahi. Selain itu, penumpang juga akan didampingi oleh pemandu wisata dan dikawal oleh Pengamanan Khusus untuk rute malam hari. Sebuah booklet juga akan diberikan secara gratis bagi penumpang sebagai kenang-kenangan.

Saat ini bus wisata tersebut berjumlah delapan unit yaitu lima unit bus milik Pemprov DKI, satu unit bus hibah dari PT Coca Cola, satu unit bus hibah dari PT Alfamart, satu unit bus hibah dari PT Tower Bersama Infrastruktur Group.

Ke depannya, PT Transjakarta akan menambah bus wisata gratis ini sebanyak 21 unit bus yang akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk meningkatkan program wisata Transjakarta. Ke-21 unit bus tersebut merupakan hibah dari Tahir Foundation sebanyak lima unit dan Artha Graha Group sebanyak delapan unit.

Budi menambahkan tidak menutup kemungkinan rutenya akan bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah unit bus Transjakarta yang melayani wisata malam.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home