Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 23:53 WIB | Rabu, 23 November 2016

Trump Calonkan Putri Imigran India Jadi Dubes AS untuk PBB

Nikki Haley, putri seorang imigran India, dicalonkan jadi duta besar AS untuk PBB (Foto: John Raoux/AP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan pada hari Rabu (23/11) bahwa ia akan mencalonkan Gubernur Carolina Selatan, Nikki Haley sebagai duta besar AS untuk PBB.

Ini adalah jabatan bergengsi di AS, dan Trump memberikannya kepada Haley, seorang putri imigran India dan sebelumnya menjadi rivalnya ketika memperebutkan kursi capres dari Partai Republik.

DIkutip dari The Washington Post, pencalonan Haley juga menandai pengangkatan perempuan pertama oleh Trump untuk posisi setingkat kabinet, seiring dengan langkah para penasihatnya mendiversifikasi jajaran pemerintahan baru nanti.

Haley secara umum dianggap sebagai kader Partai Republik dari arus utama, yang banyak berbicara tentang masalah militer dan keamanan nasional. Namun, ia hanya memiliki sedikit pengalaman politik luar negeri.

"Gubernur Haley memiliki rekam jejak yang terbukti membawa orang bersama-sama tanpa memandang latar belakang atau afiliasi partai menggerakkan kebijakan penting untuk kemajuan bangsa dan negara kita," kata Trump dalam sebuah pernyataan. "Dia akan menjadi seorang pemimpin besar mewakili kita di panggung dunia."

Haley, yang telah menerima tawaran itu, mengatakan dia "merasa terhormat bahwa Presiden terpilih telah meminta saya untuk bergabung dengan tim dan melayani negara yang kita cintai."

Pernyataan ini sangat kontras dengan komentarnya yang tajam di saat kampanye, di mana dia awalnya mendukung Senator Marco Rubio (Republik dari Florida) untuk nominasi dari Partai Republik dan mengecam Trump sebagai "calon yang tidak diinginkan oleh semua gubernur untuk menjadi presiden."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home