Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:41 WIB | Rabu, 18 Januari 2017

Trump Inginkan Hubungan Baik dengan Merkel

Kanselir Jermen, Angela Merkel. (Foto: dari Guardian)

DAVOS, SATUHARAPAN.COM - Donald Trump menginginkan “hubungan baik” dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, kata anggota tim transisinya pada Selasa (17/01), setelah presiden terpilih Amerika Serikat (AS) tersebut menyulut kemarahan dengan kritiknya terhadap Merkel dan NATO.

Anthony Scaramucci, seorang investor pengelola investasi global yang mewakili tim Trump di Forum Ekonomi Dunia di Davos, mengatakan presiden baru AS itu adalah “pecinta damai” yang “mengakui pentingnya aliansi jangka panjang yang kami jalin dengan Eropa.”

Namun, dia mengakui bahwa Trump juga ingin membangun hubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, mengesampingkan permusuhan atas perang di Suriah, Ukraina dan tuduhan serangan cyber yang didukung negara.

“Dia ingin memiliki hubungan baik dengan Angela Merkel seperti yang dijalinnya dengan Presiden Putin,” kata Scaramucci kepada wartawan di resort Swiss Davos, tempat 3.000 anggota elite politik dan bisnis berkumpul untuk menghadiri pembicaraan tahunan.

“Saya tidak melihat dia sebagai sosok yang ingin memiliki hubungan buruk dengan banyak orang dan dia tentu tidak menganggap Eropa lemah.”

“Dalam enam bulan ke depan, tahun depan, hubungan antara Amerika Serikat dan Eropa akan lebih kuat dari sebelumnya,” ucap Scaramucci. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home