Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 05:38 WIB | Selasa, 05 Juli 2016

Turki Rayakan Idul Fitri Hari Selasa

Umat Muslim Turki merayakan Idul Fitri hari Selasa (5/7). (Foto: dari Hurriyet)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM – Umat Muslim di Turki merayakan Idul Fitri hari ini, Selasa (5/7), menandai hari Senin (4/7) sebagai akhir bulan Ramadhan, menurut laporan media Turki, Hurriyet, hari Selasa.

Pihak berwenang Turki menyatakan hari libur Idul Fitri selama sembilan hari  mulai 2 Juli. Bulan Ramadhan di mana umat Muslim berpuasa dimulai pada 6 Juni dan berakhir pada 4 Juli ketika matahari terbenam.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Pada puasa ini umat Islam menjauhkan diri dari makanan, minuman, rokok dan seks sejak matahari terbit sampai terbenam. Itu adalah waktu untuk pemeriksaan diri dan meningkatkan pengabdian agama, serta waktu untuk peningkatan ketaatan beragama dan bersosialisasi.

Pada Idul Fitri, menurut Hurriyet, keluarga Muslim, saling berkunjung dan banyak hidangan makanan kaya, sejak matahari terbenam di akhir Ramadhan. Dan akan banyak pertemuan dengan teman-teman atau tetangga.

Dengan akhir bulan Ramadhan dan awal Idul Fitri, ribuan warga Turki melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Namun, dilaporkan ada lebih dari 30 korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun ini.

Semua pegawai pemerintah dan karyawan swasta mendapat libur selama hari raya, meskipun pedagang jalanan, toko-toko dan sejumlah bisnis tetap bekerja, karena orang cenderung berbelanja lebih untuk hadiah bagi keluarga, teman dan kerabat.

Selama bulan ramadhan, kota-kota di Turki mengadakan buka puasa bersama.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home