Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 10:06 WIB | Jumat, 01 Juli 2016

Turki Tangkap 13 Tersangka Bom Bandara Ataturk

Petugas medis sibuk membawa korban bom bunuh diri di bandar udara Ataturk, Istanbul Turki dengan ambulance ke rumah sakit, hari Rabu (29/6). (Foto: vox.com).

ANKARA, SATUHARAPAN.COM – Kepolisian Turki menangkap 13 tersangka tiga bom bunuh diri di bandara internasional Istanbul yang menewaskan 42 orang, kata seorang pejabat Turki, Kamis (30/06).

“Sebelumnya pada hari ini, polisi menggeledah 16 lokasi untuk menangkap 13 terduga anggota ISIS, termasuk tiga warga asing,” kata pejabat yang namanya tidak ingin disebut itu.

Surat kabar Hurriyet menyebutkan nama salah satu dari tiga pengebom yang menghantam bandara tersibuk di Turki pada Selasa itu adalah Osman Vadinov, seorang warga Chechnya asal Rusia.

Vadinov dikabarkan menyeberang ke Turki dari Raqa di Suriah, benteng ISIS yang diyakini otoritas sebagai dalang di balik serangan tersebut.


Salah seorang pejabat Turki mengatakan tiga pengebom yang meledakkan diri di bandara internasional Istanbul pekan ini berasal dari Rusia, Uzbekistan dan Kyrgystan.

“Kami siap mengonfirmasi kewarganegaraan penyerang Istanbul di antaranya dari Rusia, Uzbekistan, Kyrgystan,” ujar sang pejabat, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Belum ada klaim pertanggungjawaban terhadap tragedi pembantaian yang terjadi pada Selasa di bandara Ataturk, yang menewaskan 42 orang, tetapi pemerintah menuding kelompok ISIS berada di balik serangan tersebut.

Kepolisian Turki pada Kamis menangkap 13 terduga ekstremis ISIS dalam penyerbuan di 16 lokasi berbeda di seluruh Istanbul, ungkap pejabat itu.

Sembilan tersangka lain ditahan di kota pelabuhan barat Izmir, tetapi pejabat itu tidak membenarkan apakah penangkapan itu terkait dengan serangan tersebut.(Ant/AFP)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home