Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:02 WIB | Senin, 16 Februari 2015

UGM Peringkat Satu di Indonesia

Kampus Universitas Gadjah Mada. (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kembali menempati peringkat satu sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi Webometrics edisi Januari 2015.

Dari daftar 100 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, UGM menempati peringkat ke-9, disusul UI di peringkat 13, ITB di peringkat 15, Universitas Brawijaya peringkat 16 dan IPB di peringkat 27. Sementara pada daftar peringkat 1.000 universitas terbaik dunia, UGM menempati peringkat 518 dunia, UI 660, ITB 704, dan Universitas Brawijaya 738.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSDI) UGM, Widyawan PhD, mengatakan peringkat Universitas Gadjah Mada dalam tiga tahun terakhir selalu berada pada posisi pertama di Indonesia. Meski begitu, peringkat dunia UGM dalam Webometrics mengalami naik turun.

Menurut Widyawan, hal itu disebabkan perkembangan dari posisi peringkat 23.000 perguruan tinggi lain yang disurvei oleh Webometrics. Seperti diketahui, pada Juli 2014, Webometrics menempatkan UGM peringkat 414 dunia, “Peringkat dunia UGM memang belum stabil, UGM pernah di posisi 400-an, 500-an dan 600-an. Ada naik turun. Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita,” kata Widyawan pada wartawan, Jumat (13/2).

“Meski mengalami penurunan peringkat dunia, namun capaian bisa mempertahankan peringkat nomor satu di Indonesia, patut disyukuri,“ kata Widyawan.

Menurutnya, capaian hasil kerja keras tersebut tidak lepas dari penyediaan konten di situs UGM, “Saya kira ini bukan hanya hasil kerja bagian TIK, tapi juga penyedia konten, baik itu dosen, mahasiswa dan alumni,” katanya.

“Kriteria pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan Webometrics, didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas, dan dampak dari publikasi web bagi para pengguna di masyarakat,“ kata Widyawan.

Meski demikian, peringkat perguruan versi Webometrics ini mendorong perguran tinggi di seluruh dunia berlomba-lomba dalam menyediakan konten yang semakin baik dan berkulitas. Tidak hanya itu, universitas juga dituntut mendorong publikasi penelitian, jurnal dan publikasi internasional di laman web universitas. “UGM saya kira selalu mendorong kualitas akademik dan keterbukaan digital,” katanya. (ugm.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home