Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 21:23 WIB | Senin, 25 April 2022

Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Lancar

Lalu lintas di jalan tol Jakarta. (Foto: dok. Ist)

CIKAMPEK, SATUHARAPAN.COM- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebutkan menerapkan uji coba ganjil genap dari jalan tol Jakarta – Cikampek, yaitu di KM 47 hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, Karawang, Jawa Barat pada hari pertama, Senin (25/4) menunjukkan tidak ada masalah.

Kebijakan tersebut dalam upaya penanganan mudik lebaran 2022. "Karena ini masih uji coba, baru sampai dengan Gerbang Tol Cikampek. Itu tidak ada masalah," kata Kabagops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

Eddy mengatakan, uji coba ganjil genap tersebut sebagai simulasi upaya mengurangi kemacetan pada saat penerapan ganjil genap mulai 28 April nanti. Saat meninjau langsung, Eddy memastikan kepolisian siap untuk menerapkan kebijakan tersebut.

"Kapasitas jalannya tidak sesuai dengan volume  lalu lintas yang nantinya akan membuat macet. Maka kita melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas dengan uji coba ganjil-genap saat sekarang ini," kata Eddy.

"Hari ini tadi saya sudah melakukan pengecekan dari KM 10, anggota sudah ada di sana untuk melakukan pengalihan arus," sambungnya.

Yang Tak Sesuai Dilaihkan

Kombes Eddy menyampaikan, pada uji coba ganjil genap tadi, kendaraan yang nomor pelatnya tak sesuai dialihkan ke jalur arteri. Dia pun memastikan telah menyiapkan jalur arteri yang dimaksud pada saat pelaksanaan ganjil genap resmi.

"Yang tidak sesuai sudah saya sampaikan ini akan kita alihkan arusnya untuk melewati jalur arteri yang sudah disiapkan," kata Eddy.

Eddy juga menyampaikan beberapa kendaraan yang dikecualikan dalam penerapan ganjil genap ini. Menurut dia, hal itu sudah tertuang di dalam Surat Keputusan Bersama (SKB), termasuk ambulans, kendaraan TNI-Polri yang akan mengangkut orang sakit.

Pada Selasa (26/4) nanti, ganjil genap bakal dilakukan dimulai dari Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Palimanan KM 188 dan berlanjut pada Rabu (27/4) dari Tol Cikampek KM 47 sampai Gerbang Tol Kalikangkung KM 144.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home