Loading...
SAINS
Penulis: Melki 11:40 WIB | Jumat, 22 Desember 2023

UK Maranatha Latih Literasi Keuangan Karyawan BPK PENABUR Jatibarang

Foto: dok. Program Sarjana Manajemen UK Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Program Sarjana Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen (UK) Maranatha memberikan pelatihan Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan BPK PENABUR Jatibarang.

Tim UK Maranatha yang berpartisipasi dalam pelatihan ini diketuai oleh Dr. Peter, S.E., M.T. dan beranggotakan enam dosen serta dua mahasiswa, yaitu: Tedy Wahyusaputra S.E., M.M., CFP®., QFE., QWP®., CIPM®.; Martalena, S.E., M.M., CFP®.; Dr. Bram Hadianto, S.E., M.Si.; Dini Iskandar, S.E., M.M.; Dra. Ika Gunawan, M.M.; Herlina, S.E., M.T., CFP®.; serta Fransisca Carolina dan Amisiska Natalia Saragi.

Tim Manajemen ini meyakini bahwa memulai gerakan literasi keuangan merupakan langkah awal dalam upaya meningkatkan pengetahuan keuangan masyarakat. Namun, hal tersebut belum cukup maka perlu adanya perencanaan keuangan yang berkelanjutan. 

Literasi keuangan memiliki manfaat sebagai investasi, pilihan strategi untuk mengambil keputusan, meningkatkan kemampuan untuk bertanggung jawab atas pilihan dan mendukung pertumbuhan kekayaan finansial. Di sisi lain, berinvestasi juga bukan sesuatu yang instan, perlu adanya pembelajaran, ketekunan, serta strategi yang tepat.

Dengan alasan itulah, pelatihan ini diadakan, khususnya bagi karyawan BPK PENABUR Jatibarang. Ke depannya, mereka diharapkan dapat melakukan pengelolaan keuangan yang baik, serta mengidentifikasi jenis-jenis produk investasi yang benar agar tidak mudah tergiur dengan penipuan berkedok investasi yang marak terjadi saat ini.

Selain itu, memiliki literasi keuangan yang baik juga akan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan tercapainya kesejahteraan keuangan.

Agenda pelatihan ini terbagi dalam empat sesi, yaitu pengisian kuesioner di awal dan akhir acara, pemaparan materi, serta sesi tanya jawab. Sesi kuesioner diadakan dua kali dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan peserta mengenai topik literasi keuangan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan ini.

Peter mengawali sesi dengan materi mengenai perencanaan keuangan dan investasi. Ia juga memberikan panduan dalam menabung dan pengetahuan yang dibutuhkan sebelum melakukan investasi.

Selanjutnya sesi pemaparan dilanjutkan oleh Tedy. Dalam paparannya, ia menyampaikan mengenai pentingnya perencanaan keuangan di usia tidak produktif atau hari tua. Secara spesifik ia mengajarkan tentang strategi untuk mendapatkan penghasilan di hari tua, menghitung kebutuhan pensiun, serta melakukan simulasi penyisihan penghasilan untuk hari tua.

“Semoga tujuan dari kegiatan ini dapat dirasakan oleh seluruh peserta pelatihan,” tutur Peter dikutip Jumat (22/12).

Sementara itu, Julius Tjandra selaku ketua pengurus BPK Penabur Jatibarang turut memberikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara ini dan berharap akan ada kegiatan serupa di masa yang akan datang sehingga semakin banyak orang bisa terbantu dalam mengelola keuangannya dengan baik.

Sebelumnya Workshop dengan judul “Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan bagi Tenaga Kependidikan dan Pendidik BPK PENABUR Jatibarang” dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 di ruang Auditorium BPK PENABUR Jatibarang. Kegiatan berupa pelatihan ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat (PKM) UK Maranatha.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home