Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:46 WIB | Kamis, 21 April 2022

Ukraina Siap Negosiasi Khusus dengan Rusia di Mariupol

Foto yang disediakan oleh Dewan Eropa ini, Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, tengah, melihat kendaraan yang hancur saat dia berkeliling wilayah Borodyanka, Ukraina, hari Rabu, 20 April 2022. (Foto: Dario Pignatelli/Dewan Eropa via AP)

KIEV, SAUHARAPAN.COM-Ukraina siap untuk mengadakan "putaran khusus negosiasi" dengan Rusia di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung tanpa syarat apa pun, kata perunding, Mykhailo Podolyak, pada hari Rabu (20/4).

"Ya. Tanpa syarat apapun. Kami siap untuk mengadakan 'putaran khusus negosiasi' tepat di Mariupol. Satu-satu. Dua lawan dua. Untuk menyelamatkan orang-orang kami, Azov (milisi sayap kanan sekarang bagian dari Garda Nasional Ukraina), militer, warga sipil, anak-anak, yang hidup dan yang terluka. Setiap orang. Karena mereka milik kita. Karena mereka ada di hatiku. Selamanya,” kata Podolyak di Twitter.

Sebelumnya pada hari Rabu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia siap untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Tidak masalah apakah saya menginginkannya atau tidak. Selama tiga tahun terakhir yang saya miliki, yang diberikan orang kepada saya, saya siap untuk berdiskusi dengan presiden Rusia tentang akhir perang. Sekarang ini adalah sinyal yang sama (pernyataan Rusia tentang pembicaraan dengan Ukraina) yang mereka kirimkan sebelum mereka meluncurkan invasi skala besar. Saya menggarisbawahi sekali lagi bahwa mereka tidak siap untuk penyelesaian damai,” kata Zelenskyy.

Mariupol telah dibombardir tanpa henti selama beberapa pekan dan akan memungkinkan Moskow untuk membangun kendali atas wilayah yang menghubungkan Donbas di tenggara Ukraina dengan Krimea yang dicaplok.

Saat ini, pasukan Rusia memfokuskan serangan mereka di kota pelabuhan di pabrik baja Azovstal, benteng utama Ukraina yang tersisa di sana.

Serangan ke Mariupol

Sementara itu, serangan Rusia tanpa henti menggempur benteng terakhir Ukraina di kota Mariupol yang terkepung. Seorang pejuang yang tampaknya dari dalam mengeluarkan video permohonan bantuan, mengatakan para pembela yang bersembunyi di pabrik baja raksasa “mungkin hanya memiliki beberapa hari atau jam yang tersisa,” menurut laporan AP.

Upaya lain untuk mengevakuasi warga sipil yang terperangkap di kota pelabuhan yang hancur itu gagal pada hari Rabu karena pertempuran yang terus berlanjut, dan jumlah orang yang melarikan diri dari Ukraina melewati lima juta.

Sementara itu, Kremlin mengatakan telah mengajukan rancangan tuntutannya untuk mengakhiri perang, dan Barat berlomba untuk memasok Ukraina dengan senjata yang lebih berat untuk melawan dorongan baru Rusia untuk merebut kawasan industri timur.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam sebuah penilaian pada hari Kamis (21/4) bahwa Rusia kemungkinan ingin menunjukkan keberhasilan yang signifikan menjelang perayaan Hari Kemenangan tahunannya pada 9 Mei. “Ini dapat memengaruhi seberapa cepat dan kuat mereka mencoba melakukan operasi menjelang tanggal ini.”

Dengan ketegangan global yang semakin tinggi, Rusia melaporkan peluncuran uji coba pertama yang berhasil dari jenis baru rudal balistik antar benua, Sarmat.

Presiden Vladimir Putin sesumbar bahwa itu dapat mengatasi sistem pertahanan rudal apa pun dan membuat mereka yang mengancam Rusia “berpikir dua kali.” Kepala badan kedirgantaraan negara Rusia menyebut peluncuran dari Rusia utara sebagai "hadiah untuk NATO."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home