Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:57 WIB | Selasa, 22 Desember 2015

UMM Tembus 10 Besar Dunia Aspek Openness-Webometrics

Universitas Muhammadiyah Malang. (Foto: umm.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM - Werbsite Universitas Muhammadiyah Malang UMM) kembali dapat menembus 10 besar dunia pada aspek Openness (Google Scholar) pada webometrics edisi tengah tahun 2015. 

Seperti diketahui, “The Webometrics Ranking of World Universities" merupakan salah satu pemeringkatan universitas di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Cybermetrics Lab, kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), Spanyol. 

Organisasi ini bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain dari Spanyol Research and Development (R & D) System (universitas, mengatur otonom, organisme penelitian publik, dan swasta lainnya), dan dengan agen sosial, ekonomi, nasional maupun asing, yang memberikan kontribusi dengan kapasitas penelitian dan sumber daya manusia dan material dalam pengembangan proyek penelitian atau di bawah bentuk konsultasi dan dukungan ilmiah dan teknis.

 CSIC didirikan pada tahun 1939 dari badan sebelumnya, Junta para la Ampliación de Estudios e Investigaciones Científicas, yang didirikan pada tahun 1907 di bawah kepemimpinan Prof Ramón y Cajal.

Ranking Web atau Webometrics adalah peringkat akademik terbesar dari lembaga pendidikan tinggi. Sejak tahun 2004 dan setiap enam bulan dilakukan penilaian secara independen, objektif, bebas, ilmiah, dan terbuka telah dilakukan oleh Cybermetrics Lab (Spanyol Dewan Riset Nasional, CSIC) untuk memberikan informasi tentang kinerja universitas dari seluruh dunia berdasarkan kehadiran website mereka dan dampaknya.

Webometrics menilai website universitas berdasarkan empat aspek, yaitu: Presence (banyak halaman website) dengan bobot 10 persen, Impact (visibility, banyaknya link eksternal) dengan bobot 50 persen, Openness (Keterbukaan File yang dilihat dari banyaknya file PDF yang dihitung oleh Google Scholar) dengan bobot 10 persen, serta Excellence (Keunggulan, yaitu banyaknya file ilmiah yang dikutip oleh Scimago) dengan bobot 30 persen. Setiap aspek akan dinilai dan diperingkat secara parsial serta dihitung nilai kumulatif dan membentuk ranking universitas.

Berdasarkan ranking yang dirilis pertengahan tahun 2015 lalu, website UMM memang masih belum dapat menembus ranking baik (untuk nilai keseluruhan), namun untuk aspek Openness, UMM berhasil masuk urutan 10 besar dunia, di bawah Cornell University, Tel Aviv University, University of Hongkong, Masatyk University in Brno, Open University UK, Universiade de Sao Paulo USP, Universidad Autonoma de Nuevo Leon, Gunadarma, dan Universidad Nacional Autonoma de Mexico. 

Peringkat 10 besar aspek Openness 2015 dapat diakses melalui http://www.webometrics.info (umm.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home