Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:16 WIB | Sabtu, 18 Januari 2014

Ummi Teruskan Tren Kemenangan Pada Babak Pertama Seleksi Promosi Degradasi Catur Standar

Ummi Teruskan Tren Kemenangan Pada Babak Pertama Seleksi Promosi Degradasi Catur Standar
Ummi Fisabilillah saat menjalani catur standar, sementara di sebelah kanannya ada kertas putih untuk mencatat notasi catur (foto-foto: Prasasta Widiadi)
Ummi Teruskan Tren Kemenangan Pada Babak Pertama Seleksi Promosi Degradasi Catur Standar
Christine Elizabeth saat menjalani catur standar, sementara di sebelah kanannya ada kertas putih untuk mencatat notasi catur.
Ummi Teruskan Tren Kemenangan Pada Babak Pertama Seleksi Promosi Degradasi Catur Standar

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ummi Fisabilillah, salah seorang pecatur putri yang berada di bawah naungan Percaja (Persatuan Catur Jakarta) meraih kemenangan pada babak pertama Seleksi Promosi Degradasi Pemusatan Pelatihan Daerah (Pelatda) nomor Catur Standar, yang dipertandingkan di Wisma Catur F. Sumanti, KONI Jakarta, Jumat (17/1) sore.

Ummi, yang saat ini meraih rating FIDE 1844, berhasil mengatasi Christine Elizabeth pada langkah ke-50, dalam pertandingan yang berlangsung tiga jam 47 menit. Sementara itu pada seleksi catur putri lainnya, Khadijah Quorotta’ain mengatasi Angela Natasya Renggalis pada langkah ke-46.

Satu partai lain di catur standar putri babak pertama dimenangkan Virda Rizka Aulia dengan WO (walkover) karena Aulia Rohmah tidak datang ke hari pertandingan.    

Peraturan Dasar

Perbedaan antara catur cepat, kilat dan catur standar adalah pada durasi waktu, catur cepat berdurasi total 25 menit, sementara catur kilat 15 menit, dan catur standar 90 menit.

Kalau catur kilat dan catur cepat, seorang pecatur tidak diwajibkan menulis notasi langkah-langkah di atas papan catur, tetapi dalam catur standar diwajibkan untuk menuliskan notasi tersebut.

Pada seleksi promosi degradasi pelatda catur kali ini, Percaja menggelar seleksi para pecatur putri dengan menggunakan sistem satu kompetisi penuh, dimana para pecatur putri saling berhadapan dua kali.

Sedangkan untuk para pecatur putra menggunakan setengah kompetisi, sehingga empat belas pecatur putra hanya akan berhadapan satu kali.

Ummi sejauh ini memimpin perolehan nilai pecatur putri di seleksi promosi degradasi yang diselenggarakan Percasi Jakarta.

Sebelumnya pada catur cepat putri yang dipertandingkan mulai Jumat (3/1) hingga Minggu (5/1) silam, Ummi memimpin atas lima pesaing lainnya di nomor catur cepat dengan 15 poin, dan catur kilat putri yang kemarin baru saja selesai dipertandingkan.

Ummi berada pada peringkat pertama seleksi promosi degradasi catur kilat putri, dan tak terkejar oleh Virda Rizka Aulia. Pada posisi ketiga disusul masing-masing oleh Khadijah Qurotta’ain, Angela Natasya Renggalis, Christine Elizabeth, dan di posisi terakhir ada Aulia Rohmah.

Seleksi Promosi Degradasi Catur Standar masih akan berlanjut Sabtu (18/1) dan Minggu (19/1), yang akan mempertandingkan babak kedua hingga keempat.

Kemudian pada Sabtu (1/2) dan Minggu (2/2) akan mempertandingkan babak kelima hingga kesembilan bagi pecatur putra, sementara pecatur putri akan mempertandingkan hingga babak kesepuluh.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home