Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:46 WIB | Rabu, 09 Desember 2015

Uni Eropa akan Jadikan Iran Mitra Ekonomi

Ilustrasi pesawat terbang milik Prancis Air France. (Foto: financialtribune.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Uni Eropa akan menjadikan Iran sebagai mitra ekonomi terbesar keempat mereka. Salah satunya adalah dengan cara membuka kembali penerbangan maskapai Air France dengan rute Paris ke Teheran.

"Air France menunjukkan ambisinya untuk mengembangkan bisnis di negara dengan pertumbuhan yang dinamis, Uni Eropa menjadikan Iran mitra ekonomi terbesar keempat," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada Selasa (8/12) yang mengungkapkan Air France akan mulai dengan tiga penerbangan seminggu mulai April.

Langkah ini sempat ditangguhkan pada tahun 2008 setelah Iran dijatuhi sanksi-sanksi internasional atas ambisi pengembangan nuklirnya.

Kemudian, akhirnya kedua negara itu terlihat memperkuat hubungan komersial setelah Juli lalu dicapai kesepakatan tentang program nuklir Iran setelah perundingan selama hampir dua tahun.

Hubungan perdagangan Prancis dengan Iran mencapai senilai empat miliar euro (4,2 miliar dolar AS) pada 2004, tetapi merosot menjadi 500 juta euro pada 2013 karena diberlakukannya sanksi-sanksi internasional.

Sekitar 150 pengusaha Prancis didampingi dua menteri pemerintah melakukan perjalanan ke Teheran untuk misi dagang pada September, dalam upaya Prancis meningkatkan hubungannya menyusul keberhasilan pembicaraan nuklir. (AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home