Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:14 WIB | Sabtu, 23 Juli 2022

Uni Eropa dan AS Tambah Bantuan Militer ke Ukraina

Diperkirakan serangan Rusia ke Ukraina berlanjut dengan mengandalkan kelelahan demokrasi di Uni Eropa.
Tentara Ukraina memberi isyarat di sekitar sistem rudal anti pesawat mereka di dekat Sloviansk, Ukraina timur pada 11 Mei 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: AFP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Para menteri luar negeri Uni Eropa pada hari Senin (18/7)  menyepakati tambahan 500 juta euro (US$504 juta) dari dana UE untuk memasok senjata ke Ukraina, menjadikan dukungan keamanan blok itu menjadi 2,5 miliar euro sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Sementara itu, Amerika Serikat akan terus memberikan dukungan intelijen ke Ukraina setelah perubahan personel baru-baru ini di lingkaran dalam Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, kata Departemen Luar Negeri AS, hari Senin.

"Hari ini di pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa, kesepakatan politik dicapai pada tahap kelima bantuan militer ke Ukraina," kata Menteri Luar Negeri Swedia, Ann Linde, dalam sebuah pernyataan.

Uang itu akan membantu UE terus bersama-sama membeli peralatan dan pasokan untuk militer Ukraina, termasuk persenjataan mematikan, yang menurut blok itu harus digunakan untuk tujuan pertahanan.

Aturan UE biasanya mencegah blok tersebut menggunakan anggaran tujuh tahun untuk mendanai operasi militer, tetapi apa yang disebut Fasilitas Perdamaian Eropa, yang memiliki batas hingga lima miliar euro, di luar anggaran dan dapat digunakan untuk memberikan bantuan militer.

Uni Eropa menyetujui tahap pertama bantuan tepat setelah invasi Rusia dimulai, dalam apa yang digambarkan oleh pejabat Uni Eropa sebagai momen penting bagi blok yang lama waspada terhadap keterlibatan militer di luar perbatasannya.

Namun, dengan setengah dari fasilitas tujuh tahun sudah diberikan ke Ukraina hanya dalam lima bulan, tidak jelas bagaimana UE dapat mempertahankan pembiayaannya untuk pembelian dan pengiriman senjata dan peralatan lainnya jika invasi Rusia berlanjut.

Putin Mengandalkan Kelelahan Demokrasi?

Diplomat top Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan pada konferensi pers bahwa kemungkinan besar, bahwa perang akan terus berlanjut. Dia berusaha menunjukkan kepada Ukraina bahwa UE tidak menyerah, menambahkan bahwa dia mengharapkan duta besar UE untuk menyetujui larangan impor UE baru atas emas Rusia akhir pekan ini.

“Saya yakin (Presiden Rusia, Vladimir) Putin, mengandalkan kelelahan demokrasi... Dia percaya bahwa demokrasi itu lemah. Lihat, tidak. Masyarakat Eropa mampu mengatasi kelelahan,” kata Borrell.

Menteri Luar Negeri Lituania, Gabrielius Landsbergis, juga meminta Eropa untuk tetap berada di jalurnya, dengan mengatakan bahwa bahkan ketika pemerintah dan parlemen bersiap untuk reses musim panas, “Pasukan Rusia tidak memiliki rencana untuk mengambil hari libur untuk menyerang Ukraina lebih lanjut.”

Cakupan sanksi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia termasuk embargo minyak, melarang transaksi dengan bank sentral Rusia dan membekukan asetnya, dan menghentikan investasi baru di Rusia.

Tetapi Putin telah menegaskan kembali tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya “operasi militer khusus” di Ukraina, meskipun kota-kota Ukraina hancur dan ribuan orang tewas.

Bantuan Intelijen AS

Amerika Serikat akan terus memberikan bantuan intelijen ke Ukraina setelah perubahan personel baru-baru ini di lingkaran dalam Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada hari Senin.

Zelenskyy menyingkirkan teman masa kecilnya sebagai kepala dinas keamanan Ukraina, dan sekutu dekat lainnya sebagai jaksa tinggi, dalam pembersihan perang internal terbesar di Kiev, dengan alasan kegagalan keduanya untuk membasmi mata-mata Rusia.

Zelenskyy mengakui bahwa dua sekutunya, kepala dinas keamanan SBU, Ivan Bakanov, dan Jaksa Agung, Iryna Venediktova, telah gagal mengidentifikasi "pengkhianat" dalam organisasi mereka.

"Kami setiap hari berhubungan dengan mitra Ukraina kami ... Kami berinvestasi bukan dalam kepribadian, kami berinvestasi dalam institusi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers.

"Kami memang memiliki hubungan berbagi intelijen dengan rekan-rekan Ukraina kami ... Kami terus melanjutkannya," tambahnya.

Lebih dari 60 pejabat dari badan keamanan SBU Bakanov dan kantor kejaksaan bekerja melawan Ukraina di wilayah yang diduduki Rusia, dan 651 kasus pengkhianatan dan kolaborasi telah dibuka terhadap pejabat penegak hukum, kata Zelenskyy sebelumnya.

Zelenskyy, yang secara luas dipuji di panggung dunia sebagai pemimpin masa perang yang menentukan, telah dirundung sebelum invasi dengan tuduhan bahwa dia telah menunjuk teman dan orang luar lainnya untuk pekerjaan di mana mereka berada di luar jangkauan mereka.

Bakanov, seorang teman sejak kecil di Ukraina selatan, telah membantu menjalankan bisnis media Zelenskyy selama karir televisinya. Dia kemudian memimpin kampanye di mana Zelenskyy terpilih dengan kemenangan telak.

Venediktova, seorang ahli hukum yang menghadiri pertemuan pekan lalu di Den Haag membahas upaya internasional untuk menuntut kejahatan perang Rusia di Ukraina, telah menasihati Zelenskyy tentang reformasi peradilan sejak ia memasuki dunia politik. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home