Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:49 WIB | Rabu, 28 September 2022

Uni Eropa Kecam Referendum Rusia, dan Tidak Mengakuinya

Anggota komisi pemilihan lokal menghitung surat suara di tempat pemungutan suara setelah referendum tentang bergabungnya wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia ke Rusia, di Sevastopol, Krimea, 27 September 2022. (Foto: Reuters)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Uni Eropa pada hari Rabu (28/9) mengecam suara pencaplokan "ilegal" yang diadakan Rusia di empat wilayah pendudukan di Ukraina dan hasil "palsu" mereka, kata kepala kebijakan luar negeri blok itu, Josep Borrell.

"Uni Eropa mengecam penyelenggaraan 'referenda' ilegal dan hasil palsu mereka," kata Borrell di Twitter.

“Ini adalah pelanggaran lain terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, di tengah pelanggaran sistematis hak asasi manusia,” katanya.

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, tweeted: “Referendum palsu. Hasil palsu. Kami tidak mengakui keduanya.”

Pada hari Selasa (27/9), kepala NATO, Jens Stoltenberg, menyebut pemungutan suara yang diselenggarakan oleh Moskow di wilayah Ukraina yang diduduki sebagai "pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional" yang "tidak memiliki legitimasi."

Pihak berwenang yang didirikan Kremlin di wilayah tersebut telah mengklaim bahwa surat suara telah diarahkan oleh Rusia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, diperkirakan pada hari Jumat (30/9) akan mendeklarasikan wilayah-wilayah itu dan mencaplok sebagai bagian Rusia, berada di bawah perlindungan senjata nuklirnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home