Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 12:30 WIB | Sabtu, 19 Oktober 2013

Uskup Agung Gereja Swedia Seorang Perempuan

Uskup Agung Antje Jackelén. (Foto: kristianstadsbladet.se)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (WCC) Pdt Dr Olav Fykse Tveit menyampaikan harapan dan doa untuk Pdt Dr Antje Jackelén pada pengangkatannya sebagai Uskup Agung Gereja Swedia. Seorang pendeta Lutheran, dan uskup di Lund di Swedia selatan, Jackelén adalah perempuan pertama yang memegang posisi ini.

Penunjukan Jackelén yang diumumkan pada Selasa, 15/10.

Dalam pesannya kepada Jackelén, Tveit mengatakan, “Kami yakin bahwa kepemimpinan spiritual Anda akan mempromosikan upaya ekumenis, karya misi dan kontribusi teologis dari Gereja Swedia.”

“Kami percaya bahwa peran Anda sebagai seorang pemimpin gereja akan mampu membimbing jemaat dan gereja-gereja di negara Anda dan di luar untuk masyarakat yang adil dan damai, dengan partisipasi positif baik perempuan dan laki-laki,” kata Tveit.

Tveit mengungkapkan kekagumannya atas kontribusi Jackelén terhadap Gereja Swedia.

Dia berkata, “Saya ingin menawarkan doa tulus saya pada awal pelayanan baru sebagai perempuan pertama uskup untuk Gereja Swedia. Saya berdoa bahwa ketika Anda mengambil peran baru ini, kasih Allah memberdayakan akan mengelilingi Anda.”

Jackelén lahir di Herdecke, Jerman ditahbiskan menjadi imam di Gereja Swedia pada 1980 dan menjadi doktor teologi di Universitas Lund pada 1999. Rencananya, upacara resmi pengangkatannya dilakukan dalam kebaktian di Katedral Uppsala pada Juni 2014.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home