Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Jumat, 28 April 2023

Wahana UEA Jatuh Ketika Akan Mendarat di Permukaan Bulan

Namun penguasa Dubai akan melakukan upaya kedua di masa mendatang dengan peluncuran Rashid Rover 2.
Rashid Rover. (Foto: Kantor Media Dubai)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid, telah mengumumkan bahwa UEA akan memulai upaya kedua untuk mendaratkan penjelajah di Bulan. Itu terjadi setelah penjelajah Rashid (Rashid Rover) Uni Emirat Arab (UEA) mungkin jatuh saat mencoba mendarat di bulan pada hari Selasa.

Selama kunjungan ke Mohammed bin Rashid Space Center (MBRSC), Sheikh Mohammed, mengatakan Rashid 2 akan dikembangkan dan dikirim ke luar angkasa, kantor berita negara WAM melaporkan hari Rabu (26/4).

iSpace Jepang mengatakan kehilangan kontak dengan pesawat ruang angkasa Hakuto-R Mission 1, yang membawa penjelajah Rashid milik UEA, beberapa saat sebelum mendarat. Pesawat ruang angkasa itu sedang dalam misi 4 1/2 bulan dan bertujuan untuk menjadi bisnis milik pribadi pertama yang mencapai pendaratan di bulan yang sukses.

Pada hari Rabu, Sheikh Mohammed bertemu dengan tim di belakang upaya pertama UEA untuk mendaratkan penjelajah di permukaan bulan. Menekankan pentingnya tekad dalam mencapai kesuksesan di industri luar angkasa, Sheikh Mohammed mengatakan UEA akan terus meluncurkan misi eksplorasi luar angkasa baru.

Dia mencatat bahwa meskipun upaya untuk mendaratkan Rashid Rover di bulan tidak berhasil, "kami menjaga aspirasi kami tetap tinggi."

“Emirat telah membuktikan kemampuan mereka untuk mengembangkan proyek ruang angkasa yang canggih dan dengan cepat menciptakan sektor ruang angkasa nasional yang dinamis,” katanya lebih lanjut.

“UEA membangun sektor luar angkasa dari awal hanya dalam 10 tahun. Misi Rashid Rover didorong oleh visi ambisius negara untuk eksplorasi ruang angkasa.”

Putra Mahkota Dubai, Sheikh Hamdan bin Mohammed, mengatakan bahwa setiap misi luar angkasa harus menghadapi risiko tingkat tinggi, yang dikelola secara ilmiah dan sistematis untuk memajukan eksplorasi dan eksperimen.

Sheikh Hamdan mengatakan UEA akan terus mengembangkan keahliannya dan membangun sektor luar angkasa yang maju. Berinteraksi dengan tim MBRSC, dia berkata, "Sheikh Mohammed bin Rashid pernah berkata, 'Risiko terbesar dalam hidup adalah tidak mengambil risiko apa pun'."

Memperhatikan bahwa UEA siap memasuki fase baru eksplorasi ruang angkasa, dia berkata, “Hari ini, di bawah arahan dan bimbingan Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, kami mengumumkan peluncuran proyek Rashid 2, upaya baru Emirat untuk mencapai bulan.”

Rashid Rover, yang diintegrasikan ke dalam pendarat HAKUTO-R iSpace, berhasil lepas landas di atas roket SpaceX Falcon 9 pada 11 Desember pukul 11:38 waktu UEA dari Space Launch Complex 40 (SLC-40) di Cape Canaveral Space Force, Florida.

ELM (Emirates Lunar Mission) menandai misi bulan Emirat pertama, menjadikan UEA negara Arab pertama yang naik ke permukaan bulan.

Rover paling kompak di dunia, Rashid Rover, dibangun untuk melintasi dan menjelajahi permukaan Bulan dengan konfigurasi yang unik. Beratnya sekitar 10 kilogram, Rover memiliki tinggi sekitar 80 sentimeter, panjang sekitar 53,5 sentimeter, dan lebar hampir 53,85 sentimeter.

MBRSC bermitra dengan 10badan  internasional dan empat entitas yang berbasis di UEA untuk program sains Emirates Lunar Mission (ELM). Bekerja sama dengan hampir 40 ilmuwan dan peneliti, MBRSC mengembangkan instrumen utama, kamera optik, pencitra mikroskopis, dan penyelidikan Langmuir di atas kapal Rashid Rover. (WAM/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home