Loading...
INDONESIA
Penulis: Kris Hidayat 00:01 WIB | Kamis, 10 April 2014

Warga Baduy Berbondong-Bondong Datangi TPS

Seorang warga Baduy memperlihatkan jari kelingking setelah dicelup tinta tanda usai mencoblos di TPS Desa Kanekes, Kec Leuwidamar, Lebak, Banten. (Foto: Antara)

LEBAK, SATUHARAPAN.COM - Warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, berbondong-bondong mendatangi sejumlah tempat pemungutan suara untuk mengikuti pemilihan umum legislatif, Rabu (9/3). 

Berdasarkan pantauan, ribuan warga Baduy Dalam dan Baduy Luar mendatangi 15 TPS untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2014. Mereka datang dan menunggu panggilan dari petugas TPS untuk memberikan suara pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Petugas TPS memberikan kesempatan kepada warga Baduy yang perempuan untuk lebih dahulu menggunakan hak suaranya di bilik yang telah disiapkan. Setelah warga perempuan selesai memberikan suara, dilanjutkan oleh laki-laki untuk mencoblos di TPS.

Masyarakat Baduy yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 7.296 pemilih dengan lokasi pemilihan di 15 TPS.

"Warga datang ke TPS I Kaduketug sejak pagi, mengantre untuk menerima panggilan panitia penyelenggara pemilu untuk mencoblos hak pilihny," kata Djaro Dainah, seorang pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

"Selama ini, partisipasi masyarakat Baduy pada pemilu legislatif cukup tinggi," kata Djaro Dainah. "Mereka, rela meninggalkan pekerjaan hariannya, baik di kebun maupun ladang huma, untuk menggunakan hak politiknya dengan harapan terjadi perbaikan kehidupan bangsa menjadi lebih baik," tutur Djaro.

"Kami berharap para caleg hasil Pemilu 2014 yang terpilih nanti dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan," demikian Djaro sang pemuka adat Baduy. Warga Baduy mendatangi TPS-TPS sejak pagi dengan berjalan kaki, menempuh jalan sejauh beberapa kilometer dari permukiman mereka. (Ant)
 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home