Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:26 WIB | Rabu, 08 Maret 2017

Warga Malaysia di Korut dalam Kondisi Baik

Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia Kang Chol (tengah bawah) terlihat meninggalkan kedutaan besar Korea Utara di Kuala Lumpur 6 Maret 2017. Polisi dipersenjatai senapan menjaga pintu masuk kedubes Korea Utara di ibu kota Malaysia pada 6 Maret, saat spekulasi berkembang bahwa dubes itu akan diantar ke bandara setelah perintah untuk meninggalkan Malaysia. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM - Kondisi warga negara Malaysia di Korea Utara dilaporkan dalam keadaan baik terkait larangan Pyongyang pada warga Malaysia untuk meninggalkan Korea Utara, media Malaysia melaporkan.

"Jangan khawatir tentang kami, kita semua aman," kata sebuah pesan dari seorang warga Malaysia yang tersandera di Korea Utara, seperti dikutip laman The Star, hari Rabu (8/3).

Kebuntuan diplomatik meningkat antara kedua negara menyusul pembunuhan Kim Jong-Nam, saudara tiri penguasa Korea Utara Kim Jong-Un pada 13 Februari di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Mohd Nor Azrin Md Zain konselor di kedutaan Malaysia di Pyongyang, mengatakan warga Malaysia yang berada di Korut dalam keadaan baik dan terus berhubungan dengan Kuala Lumpur dan dengan keluarga mereka di Malaysia.

Dia menjelaskan berdasarkan data ada 11 warga Malaysia berada di Korea Utara, terdiri dari tiga karyawan kedutaan, enam anggota keluarganya dan dua orang lainnya yang bekerja untuk Program Pangan Dunia (WFP), sebuah lembaga PBB. Mereka semua kini sekarang berada di kompleks kedutaan Malaysia.

Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Reezal Merican sebelumnya mengatakan kepada wartawan di Parlemen bahwa semua orang di kedutaan diminta untuk meninggalkan Korea Utara tetapi dihentikan. Namun, tidak ada ancaman langsung terhadap keselamatan mereka.

Sementara Perdana Menteri Najib Razak menegaskan akan menjamin keamanan warga negara Malaysia yang tersandera di Korea Utara.

Perdana Menteri mengatakan fokus utama pemerintah adalah memastikan bahwa warga Malaysia yang berada di Korea Utara akan kembali ke rumah dengan selamat.

"Saya memahami perasaan dan kekhawatiran keluarga dari warga Malaysia yang ditertahan di Korea Utara," kata Najib Razak melalui blognya, hari Selasa (7/3). (thestar.com.my)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home