Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:06 WIB | Senin, 06 November 2023

Wartawan Radio Filipina Tewas Ditembak di Stasiun Radionya

Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. (Foto: dok. AP/Aaron Favila)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Seorang pembawa berita radio ditembak mati oleh seorang pria di dalam stasiun radionya di Filipina selatan pada hari Minggu (5/11) dalam serangan yang tidak disengaja yang disaksikan oleh orang-orang yang menonton program tersebut secara langsung di Facebook.

Pria bersenjata itu berhasil masuk ke stasiun radio milik penyiar berita provinsi, Juan Jumalon, dengan berpura-pura menjadi pendengar. Dia kemudian menembaknya dua kali selama siaran langsung pagi hari di kota Calamba di Provinsi Misamis Occidental, kata polisi.

Penyerang merampas kalung emas korban sebelum melarikan diri bersama temannya, yang menunggu di luar rumah Jumalon, dengan mengendarai sepeda motor, kata polisi. Investigasi sedang dilakukan untuk mengidentifikasi pria bersenjata tersebut dan memastikan apakah serangan itu terkait dengan pekerjaan.

Filipina telah lama dianggap sebagai salah satu tempat paling berbahaya bagi jurnalis di dunia.

Presiden Ferdinand Marcos Jr. mengecam keras penembakan tersebut dan mengatakan dia memerintahkan polisi nasional untuk melacak, menangkap dan mengadili para pembunuhnya.

“Serangan terhadap jurnalis tidak akan ditoleransi dalam demokrasi kita dan mereka yang mengancam kebebasan pers akan menghadapi konsekuensi penuh atas tindakan mereka,” kata Marcos dalam sebuah pernyataan.

Persatuan Jurnalis Nasional Filipina, yang merupakan pengawas kebebasan pers, mengatakan Jumalon adalah jurnalis ke-199 yang dibunuh di negara tersebut sejak tahun 1986, ketika demokrasi kembali berkuasa setelah pemberontakan “Kekuatan Rakyat” menggulingkan diktator Ferdinand Marcos, ayah dari presiden saat ini, dan memaksa dia dan keluarganya ke pengasingan di Amerika Serikat.

“Serangan ini bahkan lebih terkutuk karena terjadi di rumah Jumalon sendiri, yang juga berfungsi sebagai stasiun radio,” kata pengawas tersebut.

Sebuah video penyerangan menunjukkan Jumalon, 57 tahun, yang berkacamata, berhenti dan melihat ke atas pada sesuatu yang jauh dari kamera sebelum dua tembakan terdengar. Dia merosot dengan berlumuran darah di kursinya saat musik latar diputar. Dia dinyatakan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Penyerang tidak terlihat di siaran langsung Facebook tetapi polisi mengatakan mereka sedang memeriksa apakah kamera keamanan yang dipasang di rumah dan tetangganya merekam sesuatu.

Pada tahun 2009, anggota klan politik yang kuat dan rekan-rekan mereka menembak mati 58 orang, termasuk 32 pekerja media, dalam serangan bergaya eksekusi yang kurang ajar di Provinsi Maguindanao di selatan. Ini merupakan serangan paling mematikan terhadap jurnalis dalam sejarah.

Meskipun pembunuhan massal ini belakangan dikaitkan dengan persaingan sengit dalam pemilu yang umum terjadi di banyak wilayah pedesaan, pembunuhan massal ini juga menunjukkan ancaman yang dihadapi jurnalis di Filipina.

Banyaknya senjata tanpa izin dan tentara swasta yang dikendalikan oleh klan yang kuat dan lemahnya penegakan hukum di daerah pedesaan merupakan salah satu masalah keamanan yang dihadapi jurnalis di negara Asia Tenggara yang dilanda kemiskinan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home