Loading...
INSPIRASI
Penulis: Irvin Tolanda 08:15 WIB | Kamis, 17 November 2016

Watch Your Step!

Berjalanlah pada jalan-Nya!
Meniti tangga (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Watch your step!” Itulah tulisan yang biasa ditaruh tangga tempat-tempat umum. Tujuannya agar kita memperhatikan setiap langkah kaki dan berhati-hati dalam melangkah. Sebab jika tidak, maka akan berakibat buruk, bisa saja kita tergelincir dan terjatuh.

Perjalanan langkah kaki kita memang sangat dinamis. Kadang kita berjalan cepat hingga berlari, tetapi kadang kita melangkah dengan lambat, atau bahkan terhenti. Jika sedang terburu-buru, kita akan berjalan cepat dan akan berjalan lambat jika sedang santai dan ingin menikmati suasana.

Namun, yang terpenting bukanlah cepat atau lambatnya kita melangkah, tetapi apakah kita berhati-hati atau tidak. Cepat atau lambat pada akhirnya sama-sama akan mengantarkan kita pada tujuan akhir, ini hanyalah masalah waktu. Jika kita tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin perjalanan kita akan terhenti sama sekali dan tidak akan sampai pada tujuan.

Ini jugalah gambaran perjalanan hidup manusia. Setiap langkah kaki kita mewakili proses kehidupan yang kita alami, di dalamnya ada kehendak, rancangan, peristiwa dan kejadian, sukacita dan dukacita, masalah, keberhasilan dan kegagalan. Dalam menjalani proses inilah yang tidak mudah, dibutuhkan kehati-hatian, konsistensi, dan harapan untuk terus melangkah, kegigihan dan kesabaran, perjuangan tetapi juga penyerahan diri, cermat dalam menentukan arah, juga disertai kepercayaan penuh kepada Sang Pencipta. Sebab jika tidak, mungkin saja kita akan terpeleset, lalu jatuh dan tidak bisa bangkit lagi.

Sementara tujuan akhir adalah destiny yang telah Tuhan tetapkan dalam hidup kita masing, di mana setiap orang seharusnya dapat sampai pada tujuan akhir itu, cepat atau lambat. Inilah yang dinamakan kesuksesan hidup yaitu ketika kita menggenapi takdir hidup yang telah dirancang oleh-Nya.

Asal kita dapat melangkah dengan baik, maka sudah pasti kita akan sampai ke tujuan. Hasil akhir telah Tuhan tentukan, kita tinggal menjalani prosesnya. Jika kita menjalani proses itu dengan baik, melangkah dengan benar, maka hasilnya pun juga akan baik. Akan tetapi, jika proses itu kita jalani dengan cara yang salah, maka hasilnya pun tidak akan baik. Itu berarti kita tidak mencapai tujuan dari untuk apa kita diciptakan.

Perhatikanlah setiap langkah! Berhati-hatilah dalam menyusuri perjalanan hidup ini!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home