Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:08 WIB | Selasa, 10 Desember 2019

Way Kanan Canangkan Kabupaten STBM Berkelanjutan

Acara pencanangan Kabupaten Way Kanan sebagai Kabupaten STBM, Selasa (10/12). (Foto: Yayasan Konservasi Way Seputih)

WAY KANAN, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung mencanangkan Kabupaten STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) berkelanjutan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55, Selasa (10/12). 

Pencanangan Kabupaten STBM berkelanjutan ditandai dengan pembacaan ikrar bersama oleh seluruh kepala kampung, camat dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin langsung Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya (RAS).

Dalam ikrar yang dibacakan bersama, pemerintah Way Kanan menyatakan akan mempertahankan prilaku stop buang air besar sembarangan (BABS) dan meningkatkan serta menjalankan pilar cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air dan makanan rumahan, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga dalam keseharian masyarakat Way Kanan.

Dalam sambutannya pada peringatan HKN Bupati RAS menyampaikan bahwa berkat komitmen dan sinergi dari seluruh masyarakat dan pemerintah untuk menerapkan perilaku stop BABS, kabupaten Way Kanan telah dideklarasikan sebagai kabupaten ODF (Open Defecation Free) pada bulan Maret 2019, dan mendapatkan penghargaan STBM award serta penghargaan sebagai kabupaten sehat terbaik tingkat nasional 2019 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Pencapaian ini berkat sinergi kita semua dan upaya besar dari Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh Kadis Kesehatan Pak Anang Rusgiyanto, dan sebagai bentuk komitmen saya dan jajaran OPD serta seluruh masyarakat di kabupaten Way Kanan, kami menyatakan akan menjadikan Way Kanan sebagai kabupaten lima pilar STBM untuk menuju masyarakat sehat Indonesia unggul," ujar RAS.

Dalam peringatan HKN dan pencanangan Kabupaten STBM berkelanjutan dihadiri dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS).

Mewakili Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Kasubid pengendalian limbah dan radiasi Jelsy Natalia Marampa mengatakan bahwa Kabupaten Way Kanan menjadi kabupaten terbaik dalam percepatan akselerasi STBM dan kabupaten sehat.

"Bapak Bupati sekarang menjadi salah satu champion di nasional untuk kabupaten sehat, kita sangat optimis upaya yang dilakukan masyarakat Way Kanan  akan membawa kepada kualitas kesehatan yang lebih baik, dan bisa mencetak generasi unggul yang berdaya saing," tutur Natalia.

Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati mengatakan mengapresiasi atas upaya dan pencapaian serta komitmen pemerintah kabupaten Way Kanan untuk melanjutkan pilar-pilar STBM lainnya.

"Apresiasi kepada seluruh masyarakat Way Kanan dan bapak Bupati Raden Adipati Surya, yang telah dideklarasikan sebagai kabupaten ODF dan mencanangkan sebagai Kabupaten STBM berkelanjutan dengan mengimplementasikan pilar-pilar STBM lainnya, semoga bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dan inovasi gerakan serta komitmen dari pemerintah Way Kanan bisa menjadi pemicu untuk kabupaten kota lainnya di provinsi Lampung," ungkap Febrilia. (PR)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home