Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:05 WIB | Jumat, 21 Februari 2014

WCC Jadi Tuan Rumah dalam Lokakarya HAM dan Bencana Nuklir

WCC jadi tuan rumah untuk lokakarya HAM dan bencana nuklir. (Foto: telegraph.co.uk)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (WCC) akan menjadi tuan rumah bagi sebuah lokakarya tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dan bencana nuklir. Acara ini akan dipimpin oleh pengacara dan dokter dari Perancis, Jepang, Kanada, Belarus dan Swiss yang diselenggarakan pada Jumat (28/2) di Ecumenical Centre, Grand Saconnex, Jenewa.

Lokakarya ini diselenggarakan oleh WCC, Pusat Internasional Hukum Perbandingan Lingkungan (CIDCE) dan kelompok Biederthal, jaringan pengacara dan dokter yang bekerja pada isu-isu yang berkaitan dengan bencana nuklir.

Para panelis akan berbagi temuan penelitian dan analisis hukum dari bencana nuklir Fukushima dan Chernobyl. Topik yang dibahas akan meliputi hukum bencana internasional, hak untuk kesehatan manusia, laporan dari pelapor khusus PBB di Fukushima dan pengalaman anak-anak Chernobyl.

Dalam diskusi tersebut juga ada analisis medis dan hukum dari Jepang untuk mendukung korban bencana nuklir dan manajemen kecelakaan oleh badan pengawas nuklir di Jepang dan Perancis. WCC akan menawarkan laporan singkat dari Konferensi Internasional tentang Dampak Kemanusiaan Senjata Nuklir yang diselenggarakan pada 13-14 Februari 2014 di Nayarit, Meksiko.

“Hak asasi manusia dan kesehatan masyarakat sangat penting terhadap respon manusia terkait dengan bencana nuklir,” kata Jonathan Frerichs dari WCC. “Penggunaan energi nuklir pada masyarakat sipil dan militer menimbulkan bahaya dan resiko yang tidak terkendali di masyarakat umum.”

“Lokakarya ini akan menawarkan secara mendalam pengawasan secara disiplin yang berkaitan dengan risiko-risiko tersebut yang saat ini sedang meningkat secara global,” tambah Frerichs. “Sebagai asosiasi dari gereja di seluruh dunia, WCC senang untuk menjadi fasilitator di sini di Jenewa Internasional. Diskusi ini merupakan waktu yang tepat untuk kebaikan bersama.”

Untuk mendaftar dalam acara lokakarya tersebut, Anda dapat menghubungi:

Stephanie Bartkowiak, CIDCE, + 33 (0)5 55 34 97 25 or email: stephanie.bartkowiak[at]cidce.org

(oikumene.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home