Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 09:27 WIB | Jumat, 21 Maret 2014

WCC Sambut Perwakilan Kongres Yahudi Dunia

Dari kiri ke kanan: Pdt Dr Olav Fykse Tveit , Maram Stern , Michael Colson dan Program eksekutif WCC Clare Amos dalam pertemuan di markas WCC di Jenewa. (Foto: oikoumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/ WCC) menyambut perwakilan Kongres Yahudi Dunia (World Jewish Congress/ WJC), Kamis (20/3) di Pusat Ekumenis di Jenewa, Swiss. Pertemuan itu diselenggarakan setelah pembukaan kantor WJC di Jenewa.

Sekum WCC, Pdt Dr Olav Fykse Tveit, bersama dengan anggota staf WCC yang bekerja pada bidang dialog antar-agama dan kerja sama, dan dengan gereja-gereja di Timur Tengah, bertemu dengan Maram Stern, associate eksekutif wakil presiden WJC, dan Michael D. Colson, yang baru diangkat jadi perwakilan WJC di Jenewa untuk PBB dan organisasi internasional.

Pertemuan tersebut mengeksplorasi kemungkinan kerja sama potensial di masa depan. Di antara isu-isu lain yang dibahas adalah kekhawatiran atas xenophobia tersembunyi di beberapa bagian Eropa dan radikalisasi agama. Kelompok ini juga mengidentifikasi perubahan iklim sebagai salah satu isu, di mana orang-orang Kristen dan Yahudi dapat bekerja sama dengan orang-orang dari agama lain untuk kebaikan dunia. Xenophobia adalah kecurigaan berlebihan terhadap orang asing.

Tveit dalam percakapan dengan tamu Yahudinya menyatakan harapannya bekerja sama dalam mengatasi “tantangan moral” dunia sedang dihadapi. Dia mengatakan bahwa WCC bersedia untuk bekerja sama dengan organisasi-organisasi agama lain untuk membuat kontribusi yang kuat terhadap penyebab perdamaian dan keadilan.

Pertemuan tersebut memberikan peluang positif bagi dialog sebagai WCC terus terhubung dengan komunitas Yahudi di seluruh dunia. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home