Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 15:15 WIB | Selasa, 04 Maret 2014

Sekum Dewan Gereja Dunia Prihatin atas Situasi Ukraina

Olav Tveit, Sekjen DGD. (Foto: dok. satuharapan.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - "Dewan Gereja Dunia - (The World Council of Churches - WCC) sangat prihatin dengan perkembangan berbahaya saat ini di Ukraina," Pdt Dr Olav Fykse Tveit, sekretaris umum WCC mengatakan pada Senin, (3/3).

"Situasi menempatkan banyak nyawa tak berdosa dalam bahaya serius. Hal ini seperti angin pahit dari Perang Dingin, itu risiko akan semakin merusak kemampuan masyarakat internasional untuk bertindak sekarang atau di masa depan pada banyak isu-isu mendesak yang akan membutuhkan respon kolektif dan berprinsip," kata Tveit.

"Berangkat dari kepedulian terhadap kehidupan dan keamanan semua orang di masa depan, sangat mungkin terpengaruh oleh kegagalan mengatasi situasi ini dengan cara damai, saya sebut mendesak semua pihak untuk dapat menahan diri dari kekerasan dan berkomitmen untuk melakukan dialog dan diplomasi untuk menghindari eskalasi dengan kata-kata atau tindakan yang gegabah. Konsekuensi dari kegagalan pasti akan menimbulkan penderitaan manusia jauh lebih besar di Ukraina, dan keretakan yang mendalam dalam tatanan sosial dan politik di wilayah tersebut dan dalam komunitas internasional yang lebih luas," kata Tveit. 

"Mari kita berdoa untuk hikmat, perdamaian dan keadilan untuk menang," demikian ajakan Olav Tveit.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home